Jaga Mesin Kendaraan Tetap Awet dengan Bijak Memilih BBM

Selasa, 14 September 2021 - 15:03 WIB
loading...
Jaga Mesin Kendaraan Tetap Awet dengan Bijak Memilih BBM
Seorang pekerja bengkel membongkar mesin kendaraan. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Saat ini di pasaran, terdapat beragam jenis BBM. Tak sedikit orang memilih BBM berdasarkan harga termurah. Padahal, pilihan penggunaan BBM dengan pertimbangan ekonomis bisa membuat kendaraan malah jauh lebih boros. Bahkan, penggunaan bahan bakar dengan oktan rendah yang tidak sesuai jenis kendaraan, bisa berakibat kerusakan pada mesin.

Hal ini diungkapkan oleh salah seorang instruktur mekanik, Muhammad Arief Munafri. Ia sudah berpengalaman selama 5 tahun bergelut di dunia perbengkelan. Arief mengungkap beberapa fakta kondisi mesin yang ia temui seringkali dalam keadaan memprihatinkan. Padahal, pemakaiannya masih kurang dari 5 tahun.



Laode pun menjelaskan kebanyakan pabrikan kendaraan sekarang sudah menyarankan penggunaan BBM RON 92 setara pertamax. Selain direkomendasikan karena teknologi mesin kendaraan sekarang yang sudah injeksi dan turbo, BBM oktan tinggi ini akan membuat mesin memiliki pembakaran yang sempurna sehingga akan lebih ramah lingkungan karena emisi gas buang dapat diminimalisir dan lebih irit.

"Produk pertamax ini punya teknologi pertatec (pertamina technology) yang dirancang untuk melindungi mesin yang membuat bahan bakar mampu membersihkan endapan kotoran pada bagian mesin 3x lebih baik dan memberishkan endapan kotoran pada bagian injector sehingga mengoptimalkan pembakaran dan konsumsi bahan bakar," terangnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)