TOPIK TERPOPULER

Rutan Pangkep Gelar Simulasi Penaggulangan Kebakaran

Muhammad Subhan
Rutan Pangkep Gelar Simulasi Penaggulangan Kebakaran
Petugas Rutan Pangkep saat mengikuti simulai penanggulangan kebakaran. Foto: Sindonews/Muhammad Subhan

PANGKEP - Rumah Tahanan Negara (Rutan)  Kelas IIB Pangkajene, menggelar simulasi kebakaran bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Pangkep. Simulasi penanganan kebakaran untuk mencegah musibah kebakaran yang terjadi di dalam lapas/rutan, Selasa (14/09/2021).

Kepala Rutan Pangkep Ashari mengatakan, kegiatan pelatihan simulasi ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka mencegah gangguan keamanan akibat kebakaran baik di lingkungan kantor maupun di tempat tinggal pegawai.

“Gangguan keamanan kebakaran, tidak hanya untuk kepentingan kantor namun juga untuk antisipasi di rumah,” katanya.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Pastikan Kondisi Lapas dan Rutan di Jawa Timur Aman

Ashari mengatakan, dengan berbekal teknik penanganan yang sudah didapat dari petugas Damkar Kabupaten Pangkep, para petugas Rutan diharapkan bisa mengatasi kebakaran yang terjadi. Pihaknya berharap Rutan Pangkep terhindar dari gangguan keamanan akibat kebakaran.



Dalam pelatihan yang digelar di depan kantor Rutan Pangkep, para pegawai Rutan diajarkan teknik pemadaman api secara manual menggunakan handuk basah dan juga alat pemadam api ringan (APAR) di luar ruangan. Satu per satu pegawai mempraktikkan pemadaman api yang berkobar di dalam tong menggunakan dua metode atas petunjuk dan arahan petugas Damkar.

Kegiatan pelatihan penanganan kebakaran dibagi dalam dua sesi. Yang pertama, para petugas Rutan Pangkep mendapatkan materi tentang dasar-dasar hukum proteksi kebakaran dan tips penanganan kebakaran secara manual dilanjutkan simulasi penanganan kebakaran skala Kecil dan Skala Besar dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang dilaksanakan di luar ruangan.

Kepala Dinas Kebakaran Kabupaten Pangkep, Djadjang Andi Abbas mengapresiasi pelatihan bagi pegawai Rutan Kelas II Pangkep. "Kami sangat apresiasi sebagai bentuk pencegahan kebakaran dalam rutan," ucapnya.

Baca Juga: Cegah Kebakaran, Lapas dan Rutan Harus Perkuat Mitigasi





(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!