BNI dan Disperindag Sinergi Dorong Ekspor Produk UMKM Sulsel

Rabu, 15 September 2021 - 11:05 WIB
loading...
BNI dan Disperindag Sinergi Dorong Ekspor Produk UMKM Sulsel
BNI Wilayah 7 bersinergi dengan Disperindag mendukung pelaku UMKM di Sulsel untuk melakukan ekspor produk. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - BNI Wilayah 7 Sulselbartra dan Maluku kembali bersinergi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan ( Disperindag ) mendukung pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Sulsel untuk melakukan ekspor produk.

Sinergi itu diwujudkan melalui kunjungan dari rombongan pejabat Kementerian Perdagangan di Ruang Xpora BNI Kantor Wilayah 7, Selasa (14/9/2021). Kunjungan itu dalam rangka Kurasi Event Trade Expo Indonesia, untuk mendorong kinerja ekspor nasional di tengah pandemi Covid-19.

Adapun rombongan pejabat yang turut hadir dalam acara itu di antaranya, Kepala Disperindag Sulsel Ashari Fakhsirie Radjamilo, Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Luar Negeri I Dewa Nyoman Mahendrajaya, dan beberapa pejabat Kementerian Perdagangan.



Mereka disambut oleh Pemimpin BNI Wilayah 7 Hadi Santoso, Perwakilan Tim Xpora BNI Kantor Pusat Erwita Triana Dewi serta perwakilan pegawai BNI lainnya.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan pertemuan secara virtual antara Pemimpin BNI Wilayah 7, Kepala Dinas Perindag dan staf Kementerian Perdagangan dengan BNI KCLN Hongkong untuk untuk mengagendakan pertemuan antara UMKM di Kota Makassar dengan diaspora di Hongkong.

Pemimpin BNI Wilayah 7, Hadi Santoso mengatakan, BNI menyambut baik apa yang menjadi ide atau gagasan Kementerian Perdagangan dan Dinas Perdagangan Sulsel untuk mendorong pertumbuhan perdagangan internasional khususnya ekspor pelaku usaha UMKM.



Sebagai Bank BUMN, lanjut Hadi, BNI juga memiliki tanggung jawab dalam membantu memberikan layanan kepada UMKM untuk dapat menjangkau dan mengakses pasar ke luar negeri melalui program BNI Xpora.

"Fasilitas dan layanan BNI Xpora sebagai one stop solution untuk mendukung aktivitas bisnis UMKM agar mudah mengakses layanan terkait ekspor, memberikan solusi dan layanan komprehensif bagi pelaku UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya menuju UMKM Go Global, Go Digital, dan Go Productive dengan kelebihan layanan berupa kemudahan akses layanan transaksi perbankan dan kebutuhan permodalan, peningkatan kapabilitas SDM dan akses jaringan serta pemasaran keluar negeri," jelas Hadi.

Dari agenda kunjungan Xpora, harapannya pelaku UMKM di Sulsel memiliki daya saing yang tinggi untuk dipasarkan lokal maupun pasar global dengan produk yang lebih bervariasi dan memberikan dampak positif pada perkembangan pasar UMKM berbasis ekspor.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)