alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Sulsel Tunggu Hasil Rekapitulasi Hasil Coklit Kabupaten Kota

Luqman Zainuddin
KPU Sulsel Tunggu Hasil Rekapitulasi Hasil Coklit Kabupaten Kota
Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai merekapitulasi dan menyusun daftar pemilih hasil pemutakhiran.

Komisioner Divisi Data KPU Sulsel, Mardiana Rusli menerangkan, bahwa pihaknya sampai kemarin, masih menunggu proses yang tengah dijalankan di tingkat KPU Kabupaten/kota. KPUD Sulsel nantinya akan menerima rekapitulasi untuk disinkronisasi dengan seluruh kabupaten/kota.

"Masih proses di KPU Kabupaten/kota, jadi belum rampung," kata Mardiana Rusli melalui pesan elektronik kepada wartawan.

Saat ini di sejumlah daerah di Sulsel sudah merampungkan data coklit, misalnya saja Bantaeng. Ketua KPU Kabupaten Bantaeng Andi Nurbaety menjelaskan, proses coklit di daerahnya perkemarin sudah rampung seluruhnya. Data DP4 yang dicoklit pun sudah direkapitulasi di tingkat kabupaten. "Sudah 100 persen," sebut Nurbaety saat dikonfirmasi via pesan elektronik.

Dari data yang direkapitulasi tersebut, ada penambahan jumlah DP4 yang dicoklik. Dimana sebelumnya, dalam daftar tersebut ada sebanyak 146,897 yang memenuhi syarat untuk memilih, sementara hasil cokli bertambah menjadi 148,485.

Penambahan yang dialami Bantaeng tersebut juga terjadi di kabupaten Pinrang. Hanya saja, angka pasti pertambahan tersebut belum bisa diketahui sampai semua data rempung direkapitulasi hingga tingkat kabupaten.

"Laporan dari teman teman PPK sudah rampung semua. Ada perubahan, cuman angkanya belum bisa saya pastikan karena blum ada laporan pasti dari teman teman PPK," kata ketua KPU Pinrang Mansyur Hendrik, kemarin.

Sementara itu, di Makassar, KPU juga masih menunggu update hasil rekapitulasi dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Diperkirakan semua data rekapitulasi akan masuk pada dini hari ini.

"Lagi merekap semua. Mungkin tengah malam. Biasanya sampai subuh ada laporannya. Biasa jam 1 malam sampai 5 subuh," tutur Komisioner Divisi Data, Informasi dan Hubmas KPU Makassar, Rahma Saiyed, kepada SINDOnews.

Update terakhir, DP4 yang sudah dicoklik mencapai 91% dari DP4 1,228,962 kota Makassar atau baru sekira 1,118,355 data pemilih. Artinya, KPU kota Makassar masih menunggu minus 110,606 lebih.

"Hari ini, rekappitulasi selesai. Karena sudah ada beberapa kecamatan yang 100 persen," imbuh Rahma.

Setelah semua data coklit terkumpul, sambung Rahmah, tahapan yang selanjutnya akan dilakukan adalah penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads