TOPIK TERPOPULER

Pegadaian Ajak Anak-Anak Jadi Pahlawan Lingkungan

Marhawanti Sehe
Pegadaian Ajak Anak-Anak Jadi Pahlawan Lingkungan
Anak-anak di Kota Makassar ikut serta dalam program Memilah Sampah Menabung Emas yang diinisiasi PT Pegadaian. Foto: Istimewa

MAKASSAR - PT Pegadaian (Persero) mengajak anak-anak menjadi pahlawan lingkungan melalui program Memilah Sampah Menabung Emas for kids. Lewat kegiatan itu, anak-anak yang membawa sampah ke bank sampah binaan Pegadaian, berkesempatan membuka tabungan emas secara gratis dan memperoleh bingkisan spesial.

Sebelumnya, Pegadaian sukses menyelenggarakan kegiatan Memilah Sampah Menabung Emas (MSME) bulan Juli lalu. Khusus kali ini, sasaran peserta adalah anak-anak usia sekolah berusia 7-18 tahun.

Baca juga: Pegadaian Raih Berbagai Penghargaan dalam Bidang Sumber Daya Manusia

Kepala Bagian Pengembangan Kemitraan dan Bina Lingkungan di Kantor Wilayah VI Makassar, Awal Ma’ruf menyebutkan, kegiatan MSME for Kids ini ditujukan untuk menumbuhkan kebiasaan baik anak-anak, yakni memilah sampah dan menabung.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak anak-anak untuk menjadi pahlawan lingkungan dengan belajar bagaimana cara memilah sampah yang benar. Sehingga nantinya, mereka akan terbiasa untuk melakukan kegiatan memilah sampah dan menjaga lingkungan di sekitar mereka. Selain itu, kami juga ingin memperkenalkan kebiasaan menabung melalui produk tabungan emas," ungkap Awal.



Kegiatan MSME for ids secara serentak dilaksanakan di 7 bank sampah The Gade Clean and Gold yang tersebar di beberapa Area Kanwil VI, Rabu (22/9). Di Kota Makassar, ada 2 lokasi bank sampah yakni di Manggala dan di Jalan Kumala. Sedangkan sisanya ada di Labukkang Parepare, Bulukumba, Kendari, Palopo, dan Ambon.

Baca juga: Pegadaian Jadikan Momen HUT RI Saat Tepat Gelar Promosi

Awal menambahkan, proses pengumpulan sampah boleh dilakukan secara berkala sampai jumlah sampah yang dikumpulkan senilai Rp50.000. Untuk nilai tukar sampah nilainya beragam disesuaikan dengan jenisnya. Contohnya sampah plastik yang memiliki nilai tukar Rp3.000/kg, sehingga dibutuhkan sekitar 17 kg sampah plastik untuk mencapai nilai Rp 50.000.

Selain memperoleh gratis pembukaan tabungan emas, anak-anak yang sudah berhasil mengumpulkan sampah dengan nilai tukar minimal, juga akan mendapatkan bingkisan hampers dari Pegadaian yang berisi botol air minum (tumblr), sedotan aluminium, dan handsanitizer. Pegadaian Kanwil VI Makassar telah menyiapkan 350 bingkisan yang sudah terbagi di masing-masing bank sampah.




(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!