Dinas Kesehatan Wajo Masifkan Vaksinasi di Wilayah Banjir

Kamis, 23 September 2021 - 18:26 WIB
loading...
Dinas Kesehatan Wajo Masifkan Vaksinasi di Wilayah Banjir
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wajo, melakukan vaksinasi door to door di wilayah terdampak banjir, di Kampung Lautan, Kecamatan Belawa, Kamis, (23/9/2021). Foto: Sindonews/Reza Pahlevi
A A A
WAJO - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wajo, melakukan vaksinasi door to door di wilayah terdampak banjir, di Kampung Lautan, Kecamatan Belawa, Kamis, (23/9/2021).

Kepala Dinkes Kabupaten Wajo, drg Armin Adela mengatakan, Pemkab Wajo dan Satuan Tugas (Satga) Covid-19 Kabupaten Wajo terus berupaya melakukan akselerasi dalam melakukan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Wajo.



Vaksinasi door to door di Kampung Lautan dilakukan sebab sejumlah warga masih terisolasi akibat banjir. begitu pula di wilayah Puskesmas Sabbangparu dan Puskesmas Liu.

"Vaksinasi tetap dilaksanakan oleh petugas dengan mengunjungi langsung rumah warga yang masih terendam banjir. Meskipun penuh tantangan, tetapi itu tidak menghilangkan semangat petugas vaksinator dari puskesmas di Wajo," ujarnya kepada Sindo, Kamis (23/9/2021).

Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo juga bergerak masif melakukan vaksinasi. Berbagai tempat menjadi sasaran, mulai dari kantor-kantor pemerintah, pasar, rumah sakit, puskesmas, pasar, hingga door to door atau mendatangi langsung ke rumah-rumah warga.

"Melalui Massalipu yang secara harfiah berarti melindungi. Selain itu, Massalipu juga merupakan akronim dari massal, keliling, dan terpadu. Melalui inovasi ini, pihaknya memasifkan vaksinasi dengan sistem door to door," terangnya.

Menurut Armin, ketersediaan vaksin di Dinkes Kabupaten saat ini cukup banyak. Harapannya, dengan ketersediaan vaksin yang cukup banyak ini, kiranya seluruh masyarakat, remaja umur 12-18 tahun, hingga lansia, agar bisa datang ke tempat vaksinasi di wilayah masing-masing.





"Hingga saat ini, capaian vaksinasi di Kabupaten Wajo baru mencapai 27 persen dari 300.814 sasaran, angka yang relatif kecil ini membuat kami harus terus berinovasi dalam mencapai target herd immunity," terangnya

Diketahui, realisasi cakupan vaksinasi Wajo per 21 September 2021 sudah mencapai 81.162 atau 27,0 persen untuk dosis pertama dan 39.808 atau 13,01 persen untuk dosis kedua dari 300.814 target vaksinasi.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo memuji petugas vaksinasi yang melakukan door to door di beberapa wilayah banjir. Itu disampaikan saat melakukan dialog dengan Kepala Puskesmas di Wajo, belum lama ini.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2047 seconds (0.1#10.140)