Dinkes Makassar Siapkan 400 Ribu Alat Swab Antigen Jelang PTM

Jum'at, 24 September 2021 - 15:12 WIB
loading...
Dinkes Makassar Siapkan 400 Ribu Alat Swab Antigen Jelang PTM
Ratusan ribu siswa bakal melalui pemeriksaan Covid-19 swab antigen sebelum sekolah tatap muka. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Pembelajaran tatap muka (PTM) jenjang SD-SMP di Kota Makassar direncanakan dimulai Oktober mendatang. Ratusan ribu siswa bakal melalui pemeriksaan Covid-19 swab antigen sebelum masuk sekolah.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar , Nursaida Sirajuddin mengatakan, pihaknya menyiapkan sebanyak 400 ribu alat swab. Jumlah itu untuk mengakomodir pemeriksaan sekitar 197.800 peserta didik untuk mendukung PTM.

“Kita sudah siapkan swab antigen sebanyak 400ribu kouta untuk persiapan tatap muka. Kalau sudah ada kebijakan pak wali, kita sudah bisa langsung jalan,” jelasnya, Kamis (23/9/2021).

Terkait pelaksanaannya, Nursaida masih akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar . Sebab, hingga saat ini keduanya masih belum melakukan pertemuan.

“Kita lihat dulu kesiapan sekolah terkait vaksin baik guru dan siswa. Karena, saat ini gencar vaksin siswa SMP sehingga kita ingin fokus yang sudah divaksin dan siswa yang taat prokes,” ungkap Nursaida.



Rencananya, kata dia, swab massal para peserta didik akan melibatkan 47 puskesmas di Kota Makassar. Mereka disebar sesuai wilayah sekolah yang terdekat dari puskesmas.

Plt Sekertaris Disdik Kota Makassar, Amalia Malik menuturkan, sejauh ini sudah 80% sekolah yang siap melaksanakan PTM. Namun, pihaknya masih akan melaporkan kesiapan sekolah tersebut kepada Wali Kota Makassar .

“Kita harus presentasikan persiapan sekolah. Jadi, ada mekanisme yang akan diterapkan saat PTM diberlakukan,” ujar dia.

Setelah memastikan kesiapan sekolah, pelaksanaan swab massal bakal segera dilakukan juga. Akan tetapi, ia masih menunggu instruksi langsung dari Wali Kota Makassar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2821 seconds (0.1#10.140)