TOPIK TERPOPULER

Peringati WCD, Bupati Maros Lakukan Aksi Pungut Sampah

Najmi Limonu
Peringati WCD, Bupati Maros Lakukan Aksi Pungut Sampah
Bupati Maros AS Chaidir Syam membagikan tong sampah selepas aksi bersih lingkungan dalam peringatan WCD di Kecamatan Maros Baru, Jumat (24/9). Foto: Najmi S Limonu

MAROS - Bupati Maros, AS Chaidir Syam, memantau sekaligus ikut turun melakukan aksi bersih-bersih di Kecamatan Maros Baru, Jumat (24/9). Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati World Cleanup Day (WCD). Orang nomor satu di Maros itu tampak memungut sampah organik dan anorganik yang ada di sekitarnya.

Chaidir mengatakan aksi ini merupakan wujud gerakan sosial yang dilakukan serentak di seluruh negara. Kegiatan ini bertujuan mengajak seta mengedukasi masyarakat untuk memiliki kesadaran membersihkan, menjaga dan memelihara lingkungan. Menurutnya, ini adalah langkah untuk memerangi sampah.

Baca Juga: Peringati Hari WCD, Gowa Lakukan Aksi Bersih di 185 Titik

"Bersamaan dengan WCD, hari ini kita sudah mengeluarkan surat edaran untuk Jumat bersih. Jadi ke depannya, aksi bersih-bersih ini akan terrus dilanjutkan pada hari Jumat," ungkap dia.

Chaidir melanjutkan untuk pengelolaan sampah di Maros, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan memotivasi dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bagaimana memilah sampah. Perhatian pemerintah saat itu bukan hanya berpusat di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA), tapi berfokus pada produksi sampah yakni di tempat tinggal masyarakat.



"Kita akan lakukan pengadaan bank-bank sampah di tiap desa. Masyarakat harus bisa memilah sampah, mana sampah plastik yang bisa di daur ulang dan mana sampah yang bisa dijadikan pupuk," tuturnya.

Meskipun begitu, untuk sampah yang membludak di TPA, Chaidir juga akan mengambil langkah penanganan. Chaidir mengaku akan melakukan pembebasan lahan seluas satu sampai dua hektare.

"Kita akan adakan pembenahan ke depannya, selain itu kita juga akan lakukan pembebasan lahan untuk menambah lokasi lahan TPA," bebernya.

Pada kesempatan itu, Chadir juga membagikan sedekah kepada para petugas sampah. "Hari inilah jumat sedekah, ini sebagai wujud kepedulian terhadap petugas dan pejuang sampah," jelasnya.



(tri)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!