Peringati WCD, Bupati Maros Lakukan Aksi Pungut Sampah

Jum'at, 24 September 2021 - 14:13 WIB
loading...
Peringati WCD, Bupati Maros Lakukan Aksi Pungut Sampah
Bupati Maros AS Chaidir Syam membagikan tong sampah selepas aksi bersih lingkungan dalam peringatan WCD di Kecamatan Maros Baru, Jumat (24/9). Foto: Najmi S Limonu
A A A
MAROS - Bupati Maros, AS Chaidir Syam , memantau sekaligus ikut turun melakukan aksi bersih-bersih di Kecamatan Maros Baru, Jumat (24/9). Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati World Cleanup Day (WCD) . Orang nomor satu di Maros itu tampak memungut sampah organik dan anorganik yang ada di sekitarnya.

Chaidir mengatakan aksi ini merupakan wujud gerakan sosial yang dilakukan serentak di seluruh negara. Kegiatan ini bertujuan mengajak seta mengedukasi masyarakat untuk memiliki kesadaran membersihkan, menjaga dan memelihara lingkungan. Menurutnya, ini adalah langkah untuk memerangi sampah.



"Bersamaan dengan WCD , hari ini kita sudah mengeluarkan surat edaran untuk Jumat bersih. Jadi ke depannya, aksi bersih-bersih ini akan terrus dilanjutkan pada hari Jumat," ungkap dia.

Chaidir melanjutkan untuk pengelolaan sampah di Maros, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan memotivasi dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bagaimana memilah sampah. Perhatian pemerintah saat itu bukan hanya berpusat di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA), tapi berfokus pada produksi sampah yakni di tempat tinggal masyarakat.

"Kita akan lakukan pengadaan bank-bank sampah di tiap desa. Masyarakat harus bisa memilah sampah, mana sampah plastik yang bisa di daur ulang dan mana sampah yang bisa dijadikan pupuk," tuturnya.

Meskipun begitu, untuk sampah yang membludak di TPA, Chaidir juga akan mengambil langkah penanganan. Chaidir mengaku akan melakukan pembebasan lahan seluas satu sampai dua hektare.

"Kita akan adakan pembenahan ke depannya, selain itu kita juga akan lakukan pembebasan lahan untuk menambah lokasi lahan TPA," bebernya.

Pada kesempatan itu, Chadir juga membagikan sedekah kepada para petugas sampah. "Hari inilah jumat sedekah, ini sebagai wujud kepedulian terhadap petugas dan pejuang sampah," jelasnya.



Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Maros, Andi Rusman, mengungkapkan pihaknya akan merubah paradigma lama masyarakat. "Prinsip masyarakat kan kumpul sampah lalu buang, nah itu akan kita ubah menjadi kumpul sampah lalu daur ulang," ungkap dia.

Rusman juga menyebtu program kebersihan lingkungan ini semoga tidak hanya jadi kegiatan tahunan. Dirinya berharap program kebersihan lingkungan bisa menjadi kebiasaan masyarakat.

Kegiatan WCD juga dirangkaikan dengan pembagian secara simbolis 50 unit tong sampah. Tong sampah yang diserahkan di Kantor Camat Maros Baru akan dibagikan merata ke tiap-tiap desa se-Kecamatan Maros Baru.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)