Bupati Gowa Minta Direksi Perusda Genjot Potensi PAD

Jum'at, 24 September 2021 - 16:26 WIB
loading...
Bupati Gowa Minta Direksi Perusda Genjot Potensi PAD
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat melantik jajaran perusda Gowa Mandiri di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa. Foto: Herni Amir
A A A
SUNGGUMINASA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan , meminta jajaran perusahaan daerah (perusda) Gowa Mandiri mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu potensi PAD yang bisa digenjot, kata Adnan, adalah di sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan pariwisata. Pasalnya, PAD keempat sektor ini akan masuk ke kas daerah 100% tanpa melalui pembagian hasil dari pusat.

"Perusda bisa fokus ke pertanian, peternakan, perkebunan dan pariwisata karena empat sektor inilah yang akan masuk full ke kas daerah. Salah satunya kerja sama kita dengan Cimory dalam pengembangan sapi perah. Ini menjadi tugas pertama dari direksi perusda," kata dia, saat melantik dan mengambil sumpah jabatan Direksi Perusda (Holding Company) Gowa Mandiri Tahun 2021 di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa.

Baca Juga: 80 Persen PAD Kota Makassar Ditopang Setoran Pajak Daerah

Adnan mengatakan pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap pendapatan daerah. Olehnya itu, dengan dilantiknya Direksi Perusda diharapkan mampu menggenjot PAD yang bermuara terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Pandemi ini kita tidak tahu kapan berakhir, begitupun dengan dampak yang dihadirkan seperti kehilangan pendapatan, target tidak tercapai sehingga dengan dilantiknya perusda ini kita menuju pada optimalisasi PAD karena potensi-potensi pendapatan kita sangat banyak," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Adnan juga berpesan agar direksi perusda mampu mengidentifikasi persoalan yang ada dan bisa menjadi sumber PAD Gowa serta memberikan kontribusi terbaiknya kepada wilayah Gowa.

Direktur Utama Perusda, Rahmansyah, usai dilantik mengaku sangat bersyukur atas kepercayaan yang diberikan kepada jajaran direksi lainnya. Menurutnya amanah tersebut akan dijalankan dengan baik dan bisa memberikan kontribusinya dalam peningkatan PAD Gowa.

"Tentu kami mengucapkan rasa syukur karena pemerintah daerah memberikan amanah kepada kami dan direksi. Apa yang disampaikan pak bupati memang mutlak, namanya perusahaan targetnya hanya satu yaitu bagaimana bisa berkontribusi bagi peningkatan PAD kabupaten," jelasnya.

Terkait tantangan yang diberikan, Rahmansyah akan memulai dengan melakukan pendekatan internal khususnya penyamaan persepsi dan motivasi kerja antara direksi dengan staf maupun personil perusda yang ada di lapangan agar arah dan tujuan bisa tercapai.

Baca Juga: Target 3,39 Triliun, PAD Pemprov Sulsel Kini Sudah Capai 52,15%

Mulai Senin mendatang, pihaknya akan melakukan konsolidasi internal, menyamakan apa yang menjadi target pemerintah dan seperti apa capaiannya. Untuk itu, akan ada pembagian tugas karena saat ini Perusda sudah memiliki unit kegiatan yang berjalan, sehingga harus ada yang bertanggungjawab agar lebih maksimal.

"Kemudian ada perencanaan Perusda terkait beberapa program yang disebutkan pak bupati, kita tidak bisa mengurus yang baru dan lupakan yang lama tapi bagaimana yang lama ini menjadi pondasi untuk maksimalkan kerja-kerja lain Perusda," urainya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8624 seconds (0.1#10.140)