Stasiun Manggarai Punya Jalur Layang, Layanan Naik Turun Pengguna KRL Berubah

Sabtu, 25 September 2021 - 07:57 WIB
loading...
Stasiun Manggarai Punya Jalur Layang, Layanan Naik Turun Pengguna KRL Berubah
Pembangunan jalur layang (elevated track) Bogor Line di lantai dua Stasiun Manggarai telah selesai. Fasilitas tersebut sudah bisa digunakan mulai hari ini, Sabtu. (25/9/2021). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pembangunan jalur layang (elevated track) Bogor Line di lantai dua Stasiun Manggarai telah selesai. Fasilitas tersebut sudah bisa digunakan mulai hari ini, Sabtu. (25/9/2021).

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten, Rode Paulus Gagok mengatakan, pembangunan Jalur Layang Bogor Line ini merupakan bagian dari Pengembangan Stasiun Manggarai dalam kerangka pembangunan Jalur Dwi Ganda Manggarai-Cikarang.

"Sesuai rencana, malam ini akan dilakukan kegiatan switch over 4, yaitu pemindahan jalur KRL Bogor Line yang tadinya di bawah (at grade), akan dipindah ke jalur 10, 11, 12 dan 13 di lantai 2," ujar Rode melalui keterangan yang diterima MNC Portal Indonesia, Sabtu (25/9/2021).



Pembangunan Jalur Layang Bogor Line ini merupakan bagian dari Pengembangan Stasiun Manggarai dalam kerangka pembangunan Jalur Dwi Ganda Manggarai-Cikarang.

“Setelah melalui serangkaian pengujian dilanjutkan jalur layang ini akan dioperasikan melayani penumpang. Saat dioperasikan, jalur layang Bogor Line ini dapat diakses dengan escalator dan lift difabel serta tangga manual yang sudah dibangun,” katanya.

Selain itu, bagi penumpang yang akan menggunakan KRL, bisa mengakses peron melalui Pintu Barat Stasiun, tepatnya ke arah Pasaraya Manggarai.

Sementara itu, Direktur Utama KAI Commuter, Roppiq Lutzfi Azhar mengatakan dengan pengoperasian jalur layang (elevated track) Bogor Line di Stasiun Manggarai, KAI Commuter akan melakukan penyesuaian layanan naik turun pengguna KRL di Stasiun Manggarai mulai Sabtu, 25 September 2021.

Pada penyesuaian pelayanan baru ini, perjalanan KRL Lin Sentral (Bogor – Jakarta Kota PP) akan dilayani pada jalur layang pada jalur 10, 11, 12 dan 13 di lantai 2 bangunan baru Stasiun Manggarai.

“Untuk layanan naik dan turun pengguna KRL Lin Sentral relasi Bogor/Depok – Jakarta Kota akan dilayani pada peron jalur 10 atau 11 di lantai 2 bangunan baru Stasiun Manggarai. Sedangkan pelayanan naik dan turun pengguna KRL Lin Sentral relasi Jakarta Kota - Bogor/Depok Kota akan dilayani pada peron jalur 12 atau 13 di lantai 2 bangunan baru Stasiun Manggarai,” kata Roppiq.



KAI Commuter akan mengoperasikan enam gate eloktronik dan membuka loket untuk transaksi pembelian Kartu Multi Trip (KMT) dan Tiket Harian Berjamin (THB). Layanan vending machine juga akan ditambahkan untuk pelayanan transaksi tiket KRL.

“Untuk pelayanan naik dan turun pengguna KRL Lin tetap sama seperti yang berlaku saat ini. Pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai dan hendak menggunakan KRL Lin Sentral bisa menggunakan eskalator, lift, ataupun tangga di peron 6 dan 7 lantai dasar bangunan baru Stasiun Manggarai untuk menuju peron 10,11,12, dan 13 pada lantai 2,” tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)