TOPIK TERPOPULER

13 Proyek Embung di Kabupaten Luwu Ditarget Selesai Oktober

Chaeruddin
13 Proyek Embung di Kabupaten Luwu Ditarget Selesai Oktober
Dinas Pertanian Luwu, di bawah pimpinan Kepala Dinas Albaruddin A Picunang, rutin melakukan pemantauan dan pemeriksaan kegiatan di lapangan. Foto: Sindonews/Chaeruddin

LUWU - Dinas Pertanian Kabupaten Luwu, menargetkan percepatan serapan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2021. Khusus untuk proyek embung yang dikelola Dinas Pertanian ditargetkan selesai pada akhir Oktober mendatang.

Nursyamsi Kepala Seksi P2HP Perkebunan (Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Perkebunan), menyampaikan tahun anggaran 2021 Luwu mendapat proyek embung sebanyak 13 titik.

Baca Juga: BPN Luwu Serahkan 1.535 Sertifikat Redistribusi Tanah Pertanian

"Tahun ini ada 13 titik embung yang kita kerja melalui DAK tahun anggaran 2021. Total anggarannya sebesar Rp1,6 miliar. Target kita seluruhnya rampung pada bulan Oktober," ujarnya, Kamis (5/8/2021).

Menurut Nursyamsi, dari ke 13 embung ini semua telah selesai tahap 1 dan sementara review untuk progres tahap 2. Olehnya itu, Dinas Pertanian, di bawah pimpinan Kepala Dinas Albaruddin A Picunang, rutin melakukan pemantauan dan pemeriksaan kegiatan di lapangan.



Contoh embung di Desa Lumaring Kecamatan Larompong. Kegiatan embung ini kapasitas air mencapai 500 meter kubik.

Untuk diketahui, embung berguna sebagai penampung air. Misalkan sekarang musim hujan, air tertentu lebih dari kebutuhan, olehnya itu dibuatkan embung untuk menampung air ini harapannya tentu akan menyuplai kebutuhan air di musim kemarin.

Penentuan titik penempatan lokasi embung tetap melalui pengusulan oleh masyarakat melalui kelompok tani. Syarat lain adalah akta hibah lahan minimal seluas 15 x 25 sertakan dalam proposal.

Baca Juga: Eskavator Dinas Perikanan Kabupaten Luwu Dikuasai Pihak Ketiga





"Pengusulan titik lokasi juga harus melalui pengusulan di Musrenbang. Karena usulan akan dicocokkan melalui penginputan di Bappeda dan tim anggaran kabupaten," jelas Nursyamsi.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!