Kodam Hasanuddin Peringati HUT ke-63, Libatkan Veteran dan Bantu Pedagang Kue

Senin, 01 Juni 2020 - 19:46 WIB
loading...
Kodam Hasanuddin Peringati HUT ke-63, Libatkan Veteran dan Bantu Pedagang Kue
Beberapa pedagang makanan tradisional mendapat gerobak bantuan dari Kodam Hasanuddin. Foto: SINDOnews/Faisal Mustafa
A A A
MAKASSAR - Di momen perayaan hari ulang tahun ke-63, Komando Daerah Militer (Kodam) XIV Hasanuddin berbagi kebahagiaan dengan memberikan bantuan kepada warga. Kesempatan itu dilakukan saat syukuran di Baruga Setia Hingga Akhir Makodam Jalan Urip Sumoharjo, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Senin (1/6/2020) pagi.

Beberapa perwakilan veteran RI dan warakawuri diundang khusus untuk sama-sama merayakan hari jadi korps militer angkatan darat tersebut. Tak hanya para pejuang, Kodam XIV Hasanuddin melakukan kegiatan sosial seperti donor darah. Serta membagikan bantuan gerobak ke beberapa pedagang kue khas Kota Makassar, Buroncong.

Terlihat Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka didampingi Ketua Persit, Kartika Chandra Kirana PD XIV Hasanuddin Arinta, Andi Sumangerukka memberikan potongan tumpeng ke perwakilan Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI) Dg Barra, wanita berusia 95 tahun.

Dg Barra merupakan salah satu PKRI dari unsur pendukung logistik untuk membantu laskar Pasukan Pusat Pemuda Nasional Indonesia (PPNI) untuk melawan penjajahan Belanda di Makassar pada 16 Oktober 1945 hingga 31 Desember 1946.

Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka menjelaskan, rangkaian kegiatan syukuran ini digelar untuk bisa berbagi kebahagiaan, termasuk para pejuang sebagai bentuk penghargaan atas sumbangsih mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Ini merupakan bentuk penghargaan kita Kodam Hasanuddin kepada pejuang Veteran, beliau-beliau rela berkorban untuk mempertahankan NKRI dari tangan penjajah," ungkap Andi Sumangerukka usai acara.

Perayaan HUT ke-63 yang bertepatan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila tentunya tetap menerapkan standar protokol kesehatan di kala pandemi virus corona atau COVID-19 , yakni mengenakan masker, menjaga jarak atau social distancing.

"Kita juga laksanakan donor darah, sebanyak 600 prajurit yang mendonorkan darahnya. Tetapi kita juga tetap melakukan protokol kesehatan tentang physical distance atau jaga fisik dan tetap menjaga jarak," jelas Sumangerukka.



Selain itu, Kodam XIV Hasanuddin juga memberikan bantuan berupa gerobak kepada 20 pedagang baroncong di Kota Makassar yang telah diseleksi internal dengan memilih pedagang yang betul-betul membutuhkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2278 seconds (0.1#10.140)