Eks Napi di Sulsel Akan Diberi Pembinaan Berkelanjutan

Selasa, 28 September 2021 - 12:57 WIB
loading...
Eks Napi di Sulsel Akan Diberi Pembinaan Berkelanjutan
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyaksikan penandatanganan MoU antara Dinsos Sulsel dan Kemenkumham. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Eks narapidana yang baru keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Sulsel akan diberi pembinaan berkelanjutan. Hal ini lahir usai penandatanganan nota kesepahaman antara Dinas Sosial Sulsel dan Kanwil Kemenkumham Sulsel , Senin 27 September kemarin.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto, menjelaskan, penandatanganan tersebut terkait dengan pembinaan, bimbingan sosial, mental spiritual, dan pelatihan kerja bagi eks warga binaan pemasyarakatan dan penerima manfaat.

yang akan menjalani pembinaan di Dinas Sosial menjadi tanggung jawab pemerintah untuk menjadikan para mantan warga binaan tersebut bisa bertransformasi menjadi orang yang lebih baik.

“Kalau perlu nanti setelah ada pembinaan dari Dinas Sosial, ada sedikit penghargaan yang kemudian bisa menjadi sertifikasi bahwa mereka telah melalui berbagai rangkaian tes keterampilan yang diperoleh,” ujarnya.

Dengan begitu, kata Plt Gubernur, eks warga binaan tersebut bisa kembali membangun kepercayaan dengan telah mendapatkan keterampilan dan pembinaan dari Lembaga Pemasyarakatan dan dari Dinas Sosial.

Baca juga: Buka Sulsel Ride Championship 2021, Plt Gubernur Ajak Masyarakat Bersepeda

Ia juga mengungkap kecenderungan jumlah penghuni Lapas di Indonesia melebihi kapasitas yang ada. Karena itu, ia mengaku telah menyiapkan lahan seluas 50 hektare yang akan dibangun untuk membina warga binaan Kemenkumham.

“Akan ada 50 hektare lahan kita siapkan untuk warga binaan, untuk menjadi warga binaan alam. Sehingga, mereka tidak terkungkung dengan tempat yang sempit,” tegasnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)