TOPIK TERPOPULER

Dompet Dhuafa Ajak Sopir Pete-Pete di Makassar Belanja

Marhawanti Sehe
Dompet Dhuafa Ajak Sopir Pete-Pete di Makassar Belanja
Dompet Dhuafa digital creator Makassar, Dian Syafira mengajak Daeng Mamma berbelanja di Supermarket Lotte Alauddin. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Perkembangan teknologi membuat kebiasaan masyarakat berubah, termasuk dalam menggunakan jasa transportasi. Angkutan kota atau pete-pete yang biasanya banjir peminat, kini mulai sepi akibat beralihnya masyarakat ke transportasi online.

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akibat pandemi Covid-19 juga berpengaruh signifikan terhadap jumlah penumpang pete-pete, sehingga berdampak pada ekonomi sopir pete-pete.

Baca juga: Gandeng BNI Syariah, Dompet Dhuafa Luncurkan Layanan Chat Pay

Kondisi itu juga yang dirasakan pula oleh Daeng Mamma, sopir pete-pete yang terus berjuang bertahan di tengah pandemi. Pria berusia 67 ini bercerita bahwa selama pandemi ia sulit mendapatkan penumpang.

Dengan jam operasional tidak menentu, juga membuat Daeng Mamma mendapatkan sedikit penghasilan. Dikarenakan sistem pete-pete masih mengandalkan cara tradisi seperti ngetem atau menunggu giliran untuk pergi membuat angkutan kota ini semakin tertinggal.

Di jalan Mallengkeri ini Daeng Mamma juga berbagi cerita kalau ia dengan sejumlah sopir pete-pete mengadukan nasib mereka. Setiap pagi para sopir berdatangan satu persatu dan jam operasional dimulai pukul 10 pagi namun biasanya sopir yang terlebih dahulu datang akan mendapatkan penumpang lebih awal, dan apabila kuota penumpang dianggap mencukupi barulah mereka pergi sebab akan merugi bila hanya membawa satu atau dua penumpang saja.

Baca juga: Kampung Silat Jampang Dompet Dhuafa Berbagi 100 Parsel untuk Pelestari Budaya

Dalam sehari biasanya Daeng Mamma hanya mendapatkan penumpang di bawah 50 orang yang hasilnya hanya untuk mencukup setoran dan bahan bakar. Karena tidak ada pilihan, Daeng Mamma mencoba terus bertahan di tengah sepinya penumpang. Ia menyampaikan harap adanya bantuan untuk bisa meringankan kebutuhan ekonominya bersama keluarga.

Melihat kondisi ini, Dompet Dhuafa bersama digital creator Makassar Dian Syafira mengajak Daeng Mamma untuk belanja kebutuhan pokok hasil donasi sedekah dari donatur Dompet Dhuafa Sulsel.

Baca juga: Dompet Dhuafa Inisiasi Program Ketahanan Ekonomi Skala Keluarga

Bertempat di Supermarket Lotte Alauddin, Daeng Mamma memilih kebutuhan pokoknya ditemani Dian Syafira. Sepanjang mempersiapkan kebutuhannya, Daeng Mamma juga mengutarakan bahwa ia saat ini sudah bekerja jadi sopir angkutan kota lebih dari 40 tahun dari yang penumpangnya tak terbendung hingga kini yang semakin hari semakin hilang.

Sebab itu terlihat rasa haru tak terbendung dari wajahnya kala Dompet Dhuafa memberikan bantuan sembako pokok. Ucapan Terima kasih pun terus disebut dari bibirnya untuk para donatur yang Dompet Dhuafa sebut sahabat baik yang telah bersedekah. “Semoga yang membantu dapat keberkahan dan dilimpahkan rezeki yang banyak,” tuturnya.





(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!