Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Pemerintah Gagas Beberapa Program

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 09:44 WIB
loading...
Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Pemerintah Gagas Beberapa Program
Pemerintah melalui Kementerian Kelautand an Perikanan menggagas sejumlah program untuk membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Sebagai negara maritim , Indonesia berkomitmen mewujudkan pengelolaan sektor perikanan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Termasuk di dalamnya, peningkatan kesejahteraan nelayan sekaligus pendapatan negara dalam sektor kelautan dan perikanan.

Guna mengoptimalkan subsektor perikanan tangkap, Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP ) meminta masyarakat pun dapat berkontribusi serta mendukung program-program dan terobosan dalam bidang tersebut.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP, Muhammad Zaini Hanafi mengatakan, pihaknya selalu berusaha mendorong kesejehateraan nelayan sebagai pelaku utama di subsektor ini.

Upaya peningkatan kesejahteraan tersebut di antaranya melalui program asuransi nelayan, kelembagaan agar nelayan punya akses serta daya tawar lebih kuat, berbagai fasilitas pendanaan, juga pelatihan diversifikasi usaha.



Ia menegaskan, bahwa setiap bantuan yang diberikan tersebut berdasarkan konsep bottom up (dari bawah ke atas) sehingga lebih tepat sasaran.

“Sumber pendanaan untuk dukungan tersebut dapat berasal dari pendanaan gotong royong serta Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang ‘dikembalikan’ kepada nelayan. Jadi nelayan yang besar dapat berbagi, membantu, memberikan subsidi bagi nelayan-nelayan kecil,” jelas Zaini, dalam Dialog Produktif Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) - KPCPEN, Kamis (30/9/2021).

Untuk mengubah pola pikir nelayan dalam hal pengelolaan keuangan, katanya, KKP juga mencoba membiasakan nelayan menabung. “Melalui program Kartu Kusuka (Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan) yang juga berfungsi sebagai kartu ATM,” tutur Zaini seraya menambahkan jika penghasilan nelayan sebetulnya tidak kecil, namun terkendala pengelolaan keuangannya.



Dari sisi potensi perikanan, Zaini tidak memungkiri bahwa Indonesia memiliki kekayaan namun belum dioptimalkan. Dalam memanfaatkan kekayaan alam ini, ujarnya, penangkapan ikan harus dilakukan secara terukur dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan. "Jadi keseimbangan faktor ekologi dan ekonomi harus tetap terjaga," tegasnya.

Terkait regenerasi nelayan, Zaini menjelaskan adanya program Bangga Menjadi Nelayan untuk meyakinkan para generasi muda bahwa profesi nelayan dapat berpenghasilan besar dan bergengsi.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)