Parepare Kembali Incar Predikat Wistara Kota Sehat

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 16:32 WIB
loading...
Parepare Kembali Incar Predikat Wistara Kota Sehat
Patung Habibie-Ainun yang menjadi ikon di Kota Parepare. Foto: Istimewa
A A A
PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare kembali mengincar predikat Kota Sehat kategori Wistara , meski telah meraih penghargaan tertinggi Kota Sehat itu sebanyak tiga kali. Tahun ini, Parepare menargetkan mampu meraih penghargaan tersebut untuk keempat kalinya.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Parepare, Syamsuddin Taha, mengatakan pihaknya berharap besar prestasi sebagai Kota Sehat kategori Wistara, bisa kembali dipertahankan tahun ini.

Baca Juga: Pemkot Parepare Incar Predikat Kota Sehat Yang ke-3

Samsuddin menjabarkan predikar Wistara merupakan kagoteri Kota Sehat tertinggi dari penghargaan. Pertama Padapa, kedua Wiwerda dan ketiga Wistara . "Untuk penilaian program kota sehat, Parepare telah meraih penghargaan sejak tahun 2015 lalu" kata dia.

Samsuddin menambahkan untuk mencapai target penilaian sebagai Kota Sehat , ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sesuai ketentuan yang dipersyaratkan. Termasuk, kata dia, lokasi fokus (lokus) penilaian salah satunya yakni pelayanan kesehatan, pendidikan dan lingkungan.

Kepala Bidang Perencanaan SDM dan Sosbud Bappeda Parepare, Dede Alamsyah Wakkang, menjelaskan penting untuk seluruh pihak mendukung Parepare meraih kembali predikat Kota Sehat kategori Wistara.



Adapun indikator penilaian Kota Sehat nantinya, kata Dede, di antaranya kelembagaan, kawasan pemukiman, saran prasarana umum sehat, kawasan sarana lalu lintas dan pelayanan transportasi sehat, serta kawasan industri dan perkantoran sehat.

"Termasuk kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, sertq kehidupan masyarakat sosial yang sehat," tandasnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3135 seconds (0.1#10.140)