Wisudawan di UMI Diberi Opsi Hadir Langsung atau Lewat Daring

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 20:10 WIB
loading...
Wisudawan di UMI Diberi Opsi Hadir Langsung atau Lewat Daring
Kampus UMI Makassar akan menggelar wisuda semi daring, dimana mahasiswa akan diberi opsi untuk hadir secara langsung atau lewat online. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar bakal menggelar wisuda semi daring alias dalam jaringan. Wisudawan kini sudah bisa ikut pengukuhan secara langsung. Olehnya itu, wisudawan akan diberikan dua opsi yakni hadir langsung atau lewat daring.

Rencananya, prosesi wisuda digelar mulai 23 Oktober nanti. Waktu pelaksanaannya akan menyesuaikan jumlah wisudawan yang mendaftar mengikuti wisuda luring ini.

Wakil Rektor I UMI , Hanafi Ashad, mengatakan prosesi wisuda ini disebut semi daring. Hal ini dilakukan lantaran situasi pandemi Covid-19 di Kota Makassar sudah berangsur pulih. Apalagi saat ini statusnya berada di zona kuning.



Kendati begitu, Hanafi menjelaskan pelaksanaan wisuda nanti tetap mengacu pada surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Makassar.

“Dalam pelaksanaan wisuda nanti mahasiswa akan diberi pilihan ikut wisuda online atau offline. Kalau secara online ini bukan hal baru, karena sejak awal pandemi kami sudah lakukan,” ujarnya, Jumat (1/10).

Hanafi menyebut ada persyaratan bagi calon wisudawan dalam mengikuti prosesi pengukuhan secara luring. Salah satunya dengan menunjukkan hasil swab PCR atau swab antigen yang masih berlaku.

Selain itu, calon wisudawan juga mesti menunjukkan bukti telah divaksin minimal dosis pertama. Mereka juga diminta membuat surat persetujuan dari orang tua. Kemudian wisudawan tidak dibolehkan membawa pendamping saat mengikuti prosesi wisuda.

“Tetapi kita tetap berikan ruang kepada wisudawan yang ingin mengikuti secara online. Misalnya yang kesulitan akses, atau bahkan yang belum mendapat suntikan vaksin,” bebernya.

Rencananya, prosesi wisuda akan digelar di Hotel Four Points Makassar. Kapasitas ruangan yang diambil bisa menampung sampai 3.000 orang. Namun, untuk setiap sesi hanya diikutkan maksimal 600 wisudawan saja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2533 seconds (0.1#10.140)