RT dan RW Dilatih untuk Bantu Administrasi Pemerintahan

Senin, 04 Oktober 2021 - 17:35 WIB
loading...
RT dan RW Dilatih untuk Bantu Administrasi Pemerintahan
Bupati Kabupaten Pinrang, Irwan Hamid, saat membuka pelatihan RT dan RT, yang digelar Dinas PMD Pinrang. Foto: Sindonews/Darwiaty Dalle
A A A
PINRANG - Pemerintah KabupatenPinrang berharap, peran RT dan RW bisa membantu pemerintah dalam bidang administrasi di tengah masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Pinrang, Irwan Hamid, saat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Ketua RT Dan Ketua RW, yang digelar di Hotel MS Pinrang, Senin (4/10/2021).



Irwan mengatakan, pelatihan bagi para kepala RT dan RW, dinilai sejalan dengan visi misi pemerintahan priode pertama yang dipimpinnya bersama Wakil Bupati Pinrang , Alimin.

Visi misi tersebut, jelas Irwan, yakni pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan berkelanjutan. Pihaknya, kata Irwan, berharap agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan bersungguh-sungguh.

Irwan mengemukakan, keberadaan RT Dan RW sebagai mitra kerja pemerintah, tentunya memberi kontribusi besar khususnya di lingkup pemerintah desa . Untuk itu, katanya, ia berharap, setelah kegiatan pelatihan tersebut, kapasitas para Ketua RT dan RW dapat lebih meningkat .

"Sehingga dapat membantu pemerintah dalam hal pelayanan administrasi pemerintahan, memelihara keamanan dan ketertiban, serta kerukunan hidup antar warga. Selain membantu melahirkan gagasan dalam pelaksanaan pembangunan serta mengembangkan aspirasi masyarakat," papar Irwan

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pinrang , Andi Mahmud Bancing mengatakan, tugas dan fungsi para kepala RT dan RW, yakni membantu pemerintah desa dan kelurahan dalam urusan pemerintahan, serta pelayanan terhadap masyarakat.



Selain itu, tambah Mahmud, Ketua RT dan RT, juga membantu pemerintah memberi kemudahan pada masyarakat baik layaban pendataan penduduk, pemeliharaan keamanan, mengembangkan inisiatif.

"Serta penggerak swadaya gotong royong untuk partisipasi masyarakat di wilayah masing-masing," tandasnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2467 seconds (0.1#10.140)