93,76 Persen Warga Binaan Pemasyarakatan di Sulsel Sudah Divaksin

Senin, 04 Oktober 2021 - 20:48 WIB
loading...
93,76 Persen Warga Binaan Pemasyarakatan di Sulsel Sudah Divaksin
Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Sulawesi Selatan mencatat 9.774 warga binaan pemasyarakatan (WBP) telah menerima vaksin Covid-19. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Sulawesi Selatan mencatat 9.774 warga binaan pemasyarakatan (WBP) telah menerima vaksin Covid-19.

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto mengatakan, jumlah tersebut jika dipersentasekan telah mencapai 93,76 persen. Dia menerangkan saat ini ada 10.424 WPB di 24 Lembaga Pemasyarakatan dan Rutan yang jadi tanggung jawabnya.



"Alhamdulillah vaksinasi WBP di Sulsel sudah mencapai 93,76 persen, yaitu sebanyak 9.774 WBP. Terdiri dari 2.398 orang menerima dosis pertama dan 7376 orang telah divaksin lengkap," katanya, Senin (4/10/2021).

Dia menambahkan, penyelesaian vaksinasi untuk WBP ditarget rampung pada akhir Desember 2021. Sejauh ini masih ada 650 orang yang belum divaksin sama sekali. "Segera kita akan koordinasi dengan instansi terkait," papar Harun.

Harun menyatakan, umumnya ratusan orang yang belum tervaksin itu belum memenuhi syarat kesehatan untuk bisa menerima vaksin Covid-19. Meski begitu, mereka kini mendapat perhatian penuh oleh tim medis lapas dan rutan.

Dia mengaku, bersyukur dan berterima kasih kepada Pemprov Sulsel , Pemkab dan Pemkot di Sulsel, Pihak TNI-Polri, Poltekkes dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar yang turut membantu capaian vaksinasi WBP hingga 93,76 persen.

"Dan semoga sisa 650 orang yang belum divaksin akan dapat divaksin jika mereka sudah memenuhi syarat. Tentu kita akan terus komunikasikan agar supaya mereka bisa mendapat vaksinasi sesegera mungkin," tegas Harun.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Edi Kurniadi menambahkan saat ini baru dua rutan yang capaian vaksinasinya sudah 100 persen, yaitu Rutan Pinrang yang dihuni 372 WBP dan Rutan Enrekang dengan 159 WBP.

Sementara yang capaian vaksinasinya di atas 90 persen ada 11 rutan dan 6 Lapas. "Rutan Bantaeng, Watansoppeng, Sidrap, Malino, Makassar, Barru, Sengkang, Pangkajene, Jeneponto, Sinjai, Makale. Kemudian Lapas Makassar, Maros, Narkotika Sungguminasa, Parepare, dan Bulukumba," tuturnya.



Edi menegaskan terus memonitoring dan menginstruksikan langkah-langkah kepada seluruh jajarannya untuk terus mempercepat vaksinasi terhadap warga binaan serta tahanan. "Kami minta seluruh satker (satuan kerja) berkoordinasi dengan satgas penanggulangan Covid 19 ini," tukasnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2438 seconds (0.1#10.140)