TOPIK TERPOPULER

Kekebalan Kelompok di Makassar Ditarget Tercapai Akhir Oktober

Ashari Prawira Negara
Kekebalan Kelompok di Makassar Ditarget Tercapai Akhir Oktober
Capaian vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama di Kota Makassar sudah mencapai 63,91 persen. Foto: Dok/SINDOnews

MAKASSAR - Upaya percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Makassar terus digenjot. Kekebalan kelompok atau herd immunity ditarget bisa tercapai pada akhir Oktober 2021 ini.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar mencatat, capaian vaksinasi untuk dosis pertama di Kota Makassar sudah 63,91% dari target 1.102.330 (70% total penduduk), sementara dosis kedua mencapai 42,02%.

"Kita sudah di 63,91%, mudah-mudahan bulan 10 ini. Akhir bulan 10 kita target bisa mencapai herd immunity," kata Plt Kepala Dinkes Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin.

Baca Juga: Keren! Vaksinasi Covid-19 Indonesia Peringkat ke-5 di Dunia

Dia melanjutkan, vaksinasi selama dua pekan terakhir meningkat secara signifikan, diperkuat dengan tersedianya suplai vaksin. "Peningkatannya lumayan bagus, karena cepat sekali mi sasaran ini bisa ada. Ini sedikit lagi," jelasnya.



Selain itu, Ida sapaan akrabnya, mengatakan akan fokus pada vaksinasi remaja 13 hingga 19 tahun menyusul ujicoba pembelajaran tatap muka (PTM) yang mulai digelar Pemkot Makassar.

Meski ditarget bisa rampung akhir Oktober, masyarakat diharapkan tetap mematuhi prokes, pasalnya masih ada bahaya varian baru yang disebut resisten terhadap antivirus.

"Kita harus tetap hati-hati. Upaya pengendalian dilaksanakan terus ini, tidak boleh lengah," pungkasnya.

Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar, Wahyudi Muchsin mengatakan capaian herd immunity tidak boleh menjadi tolak ukur utama untuk pelonggaran protokol kesehatan.



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!