Dinsos Palopo Buka Dapur Umum Bantu Korban Bencana di Walmas

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 14:55 WIB
loading...
Dinsos Palopo Buka Dapur Umum Bantu Korban Bencana di Walmas
Wali Kota Palopo HM Judas Amir menyebut pihaknya melalui Dinsos telah membuka dapur umum untuk membantu warga terdampak bencana di Walmas, Kabupaten Luwu. Foto: Chaeruddin/SINDOnews
A A A
LUWU - Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo melalui tim gabungan turut membantu warga terdampak bencana banjir bandang dan longsor di wilayah Walenrang dan Lamasi (Walmas), Kabupaten Luwu. Dinas Sosial (Dinsos) Palopo bahkan membuka dapur umum sehari setelah bencana terjadi pada Minggu (3/10) lalu.

Gerak cepat tim terpadu dari Pemkot Palopo itu berdasarkan perintah Wali Kota HM Judas Amir. Sesaat mendengar kabar pilu adanya bencana di kabupaten tetangga, ia langsung menginstruksikan sejumlah OPD terkait untuk turun memberikan bantuan.

Adapun OPD lingkup Pemkot Palopo yang bergerak ke Walmas yakni Dinas Sosial, BPBD dan PSC 119 Kota Palopo. Mereka bergabung dengan tim kemanusiaan di beberapa posko di lokasi bencana.

Baca Juga: Banjir Bandang Terjang Walmas, Sejumlah Rumah Hanyut

Informasi yang dihimpun SINDOnews, dapur umum yang dibuka Pemkot Palopo melalui Dinas Sosial dipusatkan di Desa Ilan Batu. Lokasinya tidak jauh dari lokasi longsor yang menimpa rumah Kepala Desa Ilan Batu, Abdul Salam.

"Palopo juga bangun dapur umum. Laporan Dinas Sosial, mereka bangun di Desa Ilan Batu, dekat rumah korban tanah longsor. Dapur ini didirikan sejak hari Senin," ujar Judas, kepada SINDOnews, Jumat (8/10).

Ia menjelaskan bencana alam di Walmas patut menjadi atensi seluruh pihak. Bukan cuma dari warga dan pemerintah daerah lingkup Sulsel, khususnya Luwu Raya, tetapi juga pemerintah pusat.

"Saya melihat antusiasme keluarga di Luwu Raya membantu para korban di Walmas, ini sama waktu kejadian di Masamba. Ini membuktikan Luwu Raya satu keluarga dan akan selalu bergandengan tangan utamanya dalam situasi sulit," ujarnya.

" Pemkot Palopo dan masyarakat Palopo juga termasuk dalamnya. Dari Pemkot Palopo sudah turun sejak malam kejadian hingga saat ini. Posko di Ilan Batu masih kita siapkan hingga situasi tanggap darurat dicabut Pemkab Luwu," sambung Judas.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4449 seconds (0.1#10.140)