TOPIK TERPOPULER

Menteri BUMN dan IndiHome Semangati Komunitas Binaan di Papua

Marhawanti Sehe
Menteri BUMN dan IndiHome Semangati Komunitas Binaan di Papua
Menteri BUMN, Erick Thohir dan Direktur Consumer Service PT Telkom Indonesia, Venusiana bersama salah satu komunitas binaan di Papua. Foto: Istimewa

PAPUA - Direktur Consumer Service PT Telkom Indonesia (Persero), Venusiana mendampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengunjungi komunitas binaan IndiHome di Papua, baik yang bergerak di bidang seni, budaya, hingga pendidikan.

“Sebagai #InternetnyaIndonesia, IndiHome berkomitmen bukan hanya mewujudkan pemerataan konektivitas digital dari Aceh sampai Papua, tetapi kami juga bertekad menyambung kebahagiaan dan menghadirkan solusi nyata bagi masyarakat Papua melalui platform dan layanan digital terbaik,” ungkap Venusiana saat menyambut kedatangan Menteri BUMN di Jayapura, Papua baru-baru ini.

Baca juga: Telkom University PTS Terbaik di Bidang Keilmuan Teknik dan Ilmu Komputer

Dalam kesempatan tersebut, Erick dan Venusiana berbincang santai dengan Mama Ibo, pendiri Batik Papua ‘Pondok Putri Dobonsolo’ yang menceritakan proses seni ukir batik Papua yang terinspirasi dari batik di Pulau Jawa.

Menurut Mama Ibo, keunikan dari batik papua ada pada ukiran yang khas dengan ikon Papua, seperti Burung Cenderawasih. Mama Ibo juga menjelaskan bahwa kehadiran IndiHome sangat berarti baginya.

Komunitas binaan IndiHome lain yang dikunjungi adalah Bengkel Tifa, yang berperan penting menjaga tradisi alat musik khas Papua ‘Tifa’. Menurut Denis Koibur, pendiri Bengkel Tifa, selain alat musik Tifa, Bengkel Tifa juga membuat Wai Ron, perahu tradisional suku Biak yang digunakan oleh nenek moyang suku Biak untuk berlayar menelusuri samudra.

Baca juga: Jaringan Sempat Error, Telkom Klaim Kabel Laut Jasuka Rampung Diperbaiki

Wai Ron juga digunakan untuk mengikuti Festival Perahu Perang di Samarai Papua Nugini. Bagi Suku Biak, perahu Wai Ron adalah lambang sakral kebudayaan suku Biak, termasuk tato di wajah juga menjadi bagian dari ciri khas suku Biak Papua. Di sinilah peran Bengkel Tifa yang dinakhodai Denis.

Selanjutnya di bidang pendidikan, Menteri BUMN juga menyaksikan dan mengapresiasi kontribusi IndiHome dalam mendukung kelanjutan pendidikan generasi muda Papua melalui bantuan ke Yayasan Panti Asuhan Sayap Kasih, Kampung Harapan, dan Distrik Sentani Jayapura Papua.

“Kalian adalah aset masa depan Papua, jangan takut bermimpi, saya yakin suatu hari nanti akan lahir pemimpin-pemimpin dari sini. Karena saya sendiri tidak pernah menyangka akan menjadi Menteri,” jelas Erick Thohir menyemangati anak asuh binaan IndiHome di Yayasan Panti Asuhan Sayap Kasih, Jayapura Papua.

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!