Tak Hanya Fisik, Olahraga Juga Baik untuk Kesehatan Mental

Senin, 11 Oktober 2021 - 08:35 WIB
loading...
Tak Hanya Fisik, Olahraga Juga Baik untuk Kesehatan Mental
Tak hanya baik untuk fisik, olahraga juga membawa dampak positif terhadp kesehatan mental. Foto: TimesofIndia
A A A
JAKARTA - Kesehatan mental mulai banyak dipahami oleh masyarakat saat ini. Hari Kesehatan Mental Sedunia juga diperingati pada 10 Oktober 2021. Untuk menjaga kesehatan mental, banyak cara yang bisa dilakukan, termasuk olahraga.

Banyak studi yang telah membuktikan bahwa olahraga tak hanya untuk fisik saja, tapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental . Olahraga dapat meningkatkan energi serta motivasi seseorang dalam menjalani aktivitas.

Selain itu, olahraga juga berkaitan dengan ketahanan emosi dan cara bersikap. Berikut ini 5 manfaat olahraga untuk kesehatan mental yang telah MNC Portal Indonesia rangkum dari Live Science, Minggu (10/10/2021).

1. Mengurangi gejala depresi

Olahraga yang teratur dapat membantu mencegah depresi . Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan di American Journal of Psychiatry, setelah mengamati lebih dari 33.000 orang, hasil menunjukkan bahwa 12 persen kasus depresi baru dapat dicegah jika seluruh populasi berolahraga setidaknya satu jam setiap minggu. Jika orang sudah didiagnosa depresi, olahraga menjadi cara yang efektif untuk mencegah gejala yang parah maupun ringan.

Penelitian dari Duke University menunjukkan bahwa olahraga sama efektifnya dengan mengonsumsi antidepresan. Pasalnya, olahraga dapat mengurangi gejala depresi hingga 70 persen.



2. Membantu mengatasi kecemasan

Olahraga juga mampu mengurangi gejala kecemasan yang biasa muncul bersama depresi. Studi meta-analisis dari 13 studi menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga memiliki perlindungan lebih kuat terhadap gejala kecemasan daripada mereka yang tidak melakukan olahraga.

Menurut para ilmuwan, hal ini terjadi karena kecemasan berhubungan dengan adrenalin dan kortisol yang membuat otot menegang. Sehingga, olahraga mampu mengendurkan otot-otot tersebut serta mengalihkan perhatian dari hal-hal yang memicu kecemasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2549 seconds (0.1#10.140)