Canggih! Aplikasi GPS Tracker Buatan Anak Bangsa Pakai Software as A Service

Senin, 11 Oktober 2021 - 12:44 WIB
loading...
Canggih! Aplikasi GPS Tracker Buatan Anak Bangsa  Pakai Software as A Service
Aplikasi Start GPS adalah, dapat menerima koneksi seluruh device hardware GPS Tracker dari merk manapun yang beredar di Indonesia. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Penggunaan GPS Tracker atau GPS pelacak pada kendaraan sudah marak digunakan. Apakah itu GPS tracker yang sudah terintegrasi di kendaraan, ataupun GPS tracker yang dibeli secara terpisah. Tapi tahukah anda bahwa Hardware dan Aplikasinya ternyata masih memakai buatan negara lain?

Kendala yang terjadi saat ini bagi para pengguna GPS Tracker adalah sulitnya untuk personalisasi fitur yang dibutuhkan konsumen. Lantaran kebanyakan aplikasi yang beredar adalah aplikasi beli jadi dari luar negeri dan white label. Banyak perusahaan penyedia layanan GPS di Indonesia hanya mengubah label dan tampilannya saja jadi merk tertentu.

Untuk mengatasi hal tersebut, StartGPS hadir dengan aplikasi khusus. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan sendiri alias karya anak bangsa dari PT. Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia.

"Kami membuat aplikasi ini dari awal mulai menentukan arsitektur serta desain aplikasi yang menerapkan teknologi terkini dan tepat guna. Juga berdasarkan pengalaman kami di bidang teknologi pelacakan, dan tak lupa berbekal riset kebiasaan dan kebutuhan konsumen. Sehingga konsumen yang lebih advanced dapat melakukan personalisasi atau penyesuaian, sesuai kebutuhan bisnis konsumen," seru CEO dari PT. Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia, Hartono Budiman melalui keterangan persnya.

Selain itu, untuk konsumen retail yang tidak membutuhkan penyesuaian pun juga dimanjakan dengan kelebihan Aplikasi StartGPS. Di antaranya konsumen akan merasakan aplikasi yang lebih smooth. Yaitu seamless user experience, untuk peralihan antar fitur yang digunakan. Transisi akan berasa mulus sehingga user akan mendapatkan pengalaman menggunakan aplikasi yang lebih baik lagi.

"Aplikasi StartGPS memiliki banyak fitur seperti pelacakan, monitoring, rekam jejak, reporting park and stop report, trip report, driving behaviour supir, realtime temperature, realtime fuel consumption. Selain pengunaan teknologi terkini dan tepat guna dan merupakan aplikasi pelacakan buatan anak bangsa, perbedaan kami dengan kompetitor adalah kami juga memiliki produk roadmap yang jelas untuk pengembangan aplikasi kedepannya. Serta aplikasi kami dapat menerima koneksi hardware GPS dari berbagai merk," lanjut Hartono Lagi.

Mengenai penyesuaian aplikasi, Business Process Manager PT. STTI, Irma Purnamasari angkat bicara soal apa saja yang bisa disesuaikan. Mengingat beda penggunaan atau perusahaan yang menggunakan maka akan beda juga cara kerja yang diinginkan secara fungsi.

"Contoh penyesuaian yang dilakukan, salah satunya fitur yang menyediakan solusi spesifik bagi salah satu konsumen yang memiliki lini bisnis distribusi merk sepeda motor terbesar di Indonesia. Kedepannya fitur ini juga akan dapat dipakai oleh konsumen lain yang membutuhkan," imbuh Irma.

Sebagai sebuah startup company, tentu pengembangan aplikasi akan selalu diutamakan oleh StartGPS. "Saat ini kami terus mengembangkan aplikasi, dan menerapkan Software as A Service. Penyesuaian fitur yang dibuat seperti permintaan konsumen, akan bisa dipakai juga oleh konsumen lain. Dan juga masih banyak fitur lainnya yang akan dikembangkan." tutur Irma.

Salah satu kelebihan yang paling penting dari Aplikasi Start GPS adalah, dapat menerima koneksi seluruh device hardware GPS Tracker dari merk manapun yang beredar di Indonesia

"Server kami dapat menerima hampir seluruh GPS Tracker yang sudah beredar di Indonesia, sehingga konsumen yang kurang puas dengan aplikasi GPS yang lama, dapat berpindah ke Server Aplikasi StartGPS. Jadi tidak memberatkan konsumen, karena tidak perlu beli device atau hardware GPS yang baru, sehingga memudahkan untuk memakai Aplikasi kami." ujar Irma Purnamasari, Business Process Manager PT. STTI.

"Pada Oktober 2021 ini kami sedang menggratiskan kepada calon konsumen yang ingin berpindah aplikasi server ke StartGPS, cukup pakai alat lama, tanpa perlu beli alat GPS Tracker yang baru lagi. Lebih hemat, lebih memudahkan, sesuai tagline kami yaitu Easy and Flexible. Anda butuh bukti? silakan coba sendiri Aplikasi StartGPS, di device lama Anda, mumpung sedang gratis pindah server!" tutup Irma.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1835 seconds (0.1#10.140)