PTPN XIV Unit Keera-Maroangin Kembangkan Kelapa Sawit

Selasa, 12 Oktober 2021 - 14:33 WIB
loading...
PTPN XIV Unit Keera-Maroangin Kembangkan Kelapa Sawit
PT Perkebunan Nusantara (PTPN XIV) Unit Keera-Maroangin berencana melakukan ekstensifikasi kebun kelapa sawit seluas 200 hektare (ha). Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - PT Perkebunan Nusantara (PTPN XIV) Unit Keera-Maroangin berencana melakukan ekstensifikasi kebun kelapa sawit seluas 200 hektare (ha). Rencana itu dalam rangka pengembangan areal tanam dan optimalisasi aset lahan yang belum digarap.

Tak hanya itu, industri kelapa sawit nasional juga memiliki kontribusi positif terhadap penciptaan lapangan kerja, yaitu lebih dari 16 juta tenaga kerja. Komoditas sawit juga memberi kontribusi devisa negara terbesar ekspor non migas dengan menyumbang 15,6 persen dari total ekspor non migas pada tahun 2020 lalu.

Baca Juga: PTPN XIV
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan keunggulan kelapa sawit dibanding komoditas pesaing minyak nabati lainnya adalah untuk menghasilkan 1 ton minyak sawit hanya membutuhkan lahan 0,3 ha.

"Sementara rapeseed oil butuh lahan seluas 1,3 ha, sunflower oil seluas 1,5 ha dan soybean oil seluas 2,2 ha," katanya, beberapa waktu lalu.

Manajer Unit Keera Maroangin, Andi Arfawati mengungkapkan, prospek pasar kelapa sawit secara global yang cukup cerah membuat PTPN XIV Unit Keera-Maroangin terus melakukan upaya pengembangan dan optimalisasi aset hak guna usaha (HGU), di antaranya dengan memanfaatkan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Baca Juga: PTPN XIV
Selain itu, pihak unit Keera-Marongin juga telah mempersiapkan bibit siap tanam untuk menyokong perluasan tanam di areal baru tersebut. Hingga saat ini, pihak unit kebun Keera-Maroangin masih berupaya untuk menyelesaikan dokumen-dokumen pendukung dan persiapan lainnya agar dapat direalisasikan secepatnya.

Segala bentuk antisipasi untuk menghindari terjadinya konflik tetap dilaksanakan dengan melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat, terutama ke masyarakat yang menggarap lahan di areal Kebun Maroangin.

Baca Juga: PTPN XIV

Lihat Juga: PTPN XIV Pertahankan Aset Negara di Kabupaten Enrekang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)