Menteri Pariwisata Apresiasi Gelaran Batik Nusantara Celebration Grup Accor

Selasa, 12 Oktober 2021 - 18:48 WIB
loading...
Menteri Pariwisata Apresiasi Gelaran Batik Nusantara Celebration Grup Accor
Menteri Pariwisata, Sandiaga Salahuddin Uno membuka Batik Nusantara Celebration dari ALL-Accor Live Limitless Bersama Pelaku Ekonomi Kreatif. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Kementerian Pariwis ata bersama Grup Hotel Accor, meluncurkan “Batik Nusantara Celebration dari ALL-Accor Live Limitless Bersama Pelaku Ekonomi Kreatif”. Acara dilakukan secara hybrid, Minggu 10 Oktober di The Phoenix Hotel Yogyakarta-MGallery Collection, Yogyakarta.

Tema batik diangkat dalam rangka memeriahkan Hari Batik Nasional tahun ini, sekaligus sebagai bentuk apresiasi kepada batik, bagian dari seni dan budaya bangsa. Juga turut mendukung pelaku ekonomi kreatif khususnya, penggiat batik.

Baca Juga: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
"Kami mengapresiasi grup Accor yang menggagas acara ini dalam rangka Hari Batik Nasional 2021, sebagai kelanjutan kolaborasi dengan grup Accor sejak tahun 2012. Kita dukung promosi batik sebagai warisan budaya dan bangkitkan optimisme pelaku ekraf untuk segera pulih di masa pandemi ini," ujar Sandiaga.



Bukan hanya menyuguhkan batik, Balai Besar Kerajinan dan Batik misalnya, mereka mempresentasikan aplikasi scan batik yang dapat mengukur keaslian sebuah batik tulis, sementara Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY, mereka mempresentasikan relief dekoratif candi yang dituangkan ke dalam batik tulis.

Selain itu, dalam acara, perwakilan hotel-hotel Accor di Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua melalui vidcon, menampilkan cerita batik dan penawaran pengalaman batik di daerah masing-masing bersama mitra ekonomi kreatif. Hotel-hotel ini adalah;

1. Amarterra Villas Bali Nusa Dua-MGallery; menampilkan masker bermotif Batik Pisan Bali serta menyediakan kelas membatik di hotel yang bermitra dengan seniman lokal.

2. Mercure Bengkulu; bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Kota Bengkulu, Duta Wisata Bengkulu, serta mitra ekraf dalam mempromosikan Kain Besurek.

3. Mercure & ibis Samarinda; mempromosikan salah satu batik, yaitu Batik Dayak, asal Kalimantan Timur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)