alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Dalami Al-Quran, MTQ Tingkat Kabupaten Maros Kembali Digelar

Najmi Limonu
Dalami Al-Quran, MTQ Tingkat Kabupaten Maros Kembali Digelar
Foto : Istimewa

MAROS - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), tingkat Kabupaten Maros kembali digelar. Pelaksanaan MTQ Maros XXV ini digelar di Anjungan Kawasan Wisata kuliner PTB, sejak Rabu malam.

MTQ ini yang mengangkat tema Semangat MTQ Menyatukan Langkah Membangun Generasi Qurani Menuju Maros Lebih Sejahtera 2021 ini digelar selama 8 hari, hingga 28 Februari mendatang.

Pembukaan ajang festival pemuliaan kitab suci umat Islam, Al Quran ini dihadiri sejumlah Muspida, pejabat Pemkab Maros dan pejabat Kemenag Maros dan pengurus organisasi Islam di Maros, di antaranya Ketua DPRD Maros A.S Chaidir Syam dan Ketua MUI Maros Syamsul Khalik.

Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang saat membuka acara menyampaikan, kitab suci Al Quran adalah kalam Allah atau Kalamullah yang diturunkan sebagai tuntunan dan pegangan hidup bagi umat manusia, agar memperoleh kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat. Al Quran memiliki susunan kata yang indah, kalimat yang jelas dan terang, serta gaya bahasa yang mengagumkan.

"Kitab suci Al Quran merupakan sumber inspirasi yang tidak pernah kering, semakin kita mendalami Al Quran, semakin kita yakin dengan kebenaran Firman Allah. Semakin kita baca Al Quran dengan lantunan yang indah, semakin terasa kedamaian dan kesejukan dari pancaran kandungannya," ungkapnya.

Dia juga menyampaikan, bahwa melalui MTQ ini, pihaknya berharap hubungan silaturrahmi antar sesama Muslim kembali terjalin. Karena mungkin kesibukan membuat jarang bertatap muka. Hubungan persaudaraan sesama Muslim patut dijaga demi kemajuan Maros.

"Dalam Al Quran Allah SWT mengingatkan kepada kita untuk saling menjaga hubungan silaturrahim, baik sesama Muslim maupun non muslim," ujarnya.

Ditambahkannya, MTQ menjadi upaya mengaktualisasikan ajaran Islam secara damai. MTQ bukan sekadar ajang kompetisi untuk meraih prestasi dan hadiah, melainkan yang paling hakiki adalah untuk semakin mendekatkan umat kepada kitab suci Al Quran.

MTQ Maros XXV ini mempertandingkan delapan cabang lomba, yakni Tilawah Al Quran, Hifzh Al Quran, Tafisr Al Quran, Fahm Al Quran, Syarhi Al Quran, Khath Al Quran, Musabaqah Maqalah Al Quran dan Qasidah. Diikuti 351 peserta dari 14 kecamatan se Maros.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads