TOPIK TERPOPULER

Dies Natalis ke-100, PIP Makassar Ingin Hidupkan Kembali Muruah Pelaut

Andi Nur Isman
Dies Natalis ke-100, PIP Makassar Ingin Hidupkan Kembali Muruah Pelaut
Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar merayakan dies natalis ke-100 tahun, Rabu (13/10/2021). Foto: Istimewa

MAKASSAR - Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar merayakan Dies Natalis ke-100 tahun, Rabu (13/10/2021). Di usia ini, mereka bertekad menghidupkan kembali muruah pelaut.

Beragam kegiatan telah dilaksanakan untuk merayakan usia satu abad ini. Namun, tepat pada hari H, para alumni dikumpulkan untuk membacakan ikrar pelaut.

Baca juga: Pemkab Maros Perketat Pengawasan Aktivitas Truk Timbunan Rel Kereta Api

Ketua Umum Corps Alumni Bumiseram Makassar (CABM), Capt Agus Salim mengatakan, pada hari H dies natalis ini ada dua agenda besar yang dilaksanakan. Pertama upacara, lalu mendatangkan alumni pelaut dari PIP Makassar.

“Upacara tersebut untuk melaksanakan ikrar pelaut Indonesia. Kemudian malamnya ada acara puncak. Ada temu alumni dan ramah tamah yang diikuti oleh semua perwira pelayaran niaga,” kata dia.



Pada dies natalis tahun ini, PIP Makassar mengusung tema “Indonesian Seafarers Reborn”. Tema ini dipilih untuk memperlihatkan lahirnya kembali pelaut Indonesia dengan semangat baru yang dibawa ke kampus.

Baca juga: Kebut Proyek Bandara Bira, Bupati Bulukumba Tak Mau Ada Konflik Kepentingan

Rencananya, ada sekitar 500 alumni yang akan hadir mengucapkan ikrar pelaut. Mereka akan menggunan busana navyblue terbanyak yang pernah dilaksanakan di Indonesia.

"Mudah-mudahan kami bisa mendapatkan rekor tersebut yang kami sudah daftarkan," ucapnya.




(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!