TOPIK TERPOPULER

Perusahaan Konsolidator Jadi Solusi Ekspor UKM

Marhawanti Sehe
Perusahaan Konsolidator Jadi Solusi Ekspor UKM
Aktivitas bongkar muat di pelabuhan peti kemas. Perusahaan konsolidator bisa menjadi pilihan UKM untuk mengirimkan barangnya ke luar negeri. Foto: Ilustrasi

MAKASSAR - Memulai usaha ekspor tidak mesti dalam jumlah besar demi memenuhi kapasitas kontainer. Eksportir, termasuk para pengusaha UKM, dapat memanfaatkan konsolidator, untuk mengirimkan barang ekspornya ke negara tujuan yang sama.

Di Makassar telah hadir PT Masaji Kargosentra Tama sebagai perusahaan konsolidator pertama di Indonesia Timur. Sebagai konsolidator, perusahaan inilah yang melakukan konsolidasi barang ekspor, yaitu kegiatan mengumpulkan barang ekspor yang dari 2 atau lebih eksportir dalam 1 kontainer pengiriman.

Baca juga: BBKP Makassar Proyeksikan Bulukumba Jadi Percontohan Ekspor Manggis

Dengan kata lain, konsolidator memungkinkan para eksportir dapat berbagi ruang kontainer dengan eksportir lain. Dengan demikian, biaya angkut (freight) juga bisa menjadi lebih hemat.

Dalam rangka pelepasan ekspor konsolidasi pertama dari Makassar, Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono mengunjungi secara khusus lokasi gudang konsolidator pdi Kawasan Industri Makassar (KIMA), Selasa (12/10).



“Kami memberikan persetujuan sebagai konsolidator kepada PT Masaji Kargosentra Tama sejak akhir tahun 2020 sebagai bukti komitmen dan dukungan Bea Cukai terhadap perkembangan ekspor dari Sulawesi dan Indonesia Timur. Karena itu ekspor konsolidasi perdana ini, sekaligus menjawab tantangan bahwa bisnis ini sangat feasible,” papar Andhi.

Pimpinan PT Masaji, Wahyu Hermawan menyatakan kegembiraan atas pengiriman komoditas biji kakao dan kacang mete dari 2 eksportir komoditas pertanian dengan negara tujuan Jepang.

Baca juga: Gernas Bangga Buatan Indonesia, Produk BUMDes Kaltim Jadi Komoditas Ekspor

"Sebagai konsolidator, kami akan memfasilitasi para pelaku usaha di wilayah ini dengan sebaik-baiknya, dengan dukungan Bea Cukai Makassar dan berbagai instansi terkait diharapkan konsilidator ini dapat mendorong kemajuan ekspor dari Indonesia Timur," kata Wahyu.



(luq)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!