TOPIK TERPOPULER

Bupati Adnan Harap Predikat APE Gowa Naik Kelas

Herni Amir
Bupati Adnan Harap Predikat APE Gowa Naik Kelas
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengikuti Pemberian Penghargaan APE 2020 secara virtual dari Peace Room AKio Kantor Bupati Gowa, Rabu (13/10). Foto: Istimewa

GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 untuk kategori Madya. Penghargaan bergengsi itu diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia (RI).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengapresiasi kinerja seluruh pihak atas capaian APE kategori Madya. Ia pun menaruh asa agar predikat APE yang diraih Gowa pada masa mendatang bisa naik kelas ke kategori Utama, bahkan kategori Mentor.

Baca juga: PTSP Gowa Sosialisasi Sistem OSS untuk Mudahkan Investasi

"Kita berharap ke depan bisa ditingkatkan lagi pada kategori Utama bahkan Mentor," kata Adnan, usai mengikuti acara Pemberian Penghargaan APE 2020 secara virtual dari Peace Room A'Kio Kantor Bupati Gowa, Rabu (13/10).

Ia menyebut penghargaan itu menjadi momentum untuk berbenah dalam pencapaian-pencapaian untuk menaikkan level Gowa. Adapun pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender sudah sesuai perencanaan yang ada.



"Bagi kami pemberdayan perempuan di Gowa sudah sesuai dengan perencanaan yang ada karena kita menganggap tidak ada perbedaan antara perempuan dan laki-laki. Selama dia mampu dan cakap, maka kita tidak melihat jenis kelaminnya. Jadi semoga capaian ini mampu dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi," ujar dia.

Sekadar diketahui, penghargaan APE diberikan kepada pemerintah daerah atau lembaga lainnya yang memiliki komitmen besar dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Baca juga: PMI Gandeng Perempuan Indonesia Maju Penuhi Kebutuhan Stok Darah

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak Gowa, Kawaidah Alham, pada kesempatan itu memaparkan ada tujuh indikator atau poin penilaian sehingga Gowa berhasil meraih penghargaan tersebut. Di antaranya yakni kebijakan, anggaran, partisipasi, komitmen kelembagaan, sumber daya manusia (SDM), alat analisis gender dan data gender.



(luq)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!