TOPIK TERPOPULER

Jadi Pembicara Webinar Pendidikan, Bupati Lutra: Guru Harus Cakap Digital

Tim SINDOnews
Jadi Pembicara Webinar Pendidikan, Bupati Lutra: Guru Harus Cakap Digital
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Foto: Istimewa

LUWU UTARA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani didaulat menjadi Opening Speaker pada Webinar Nasional Pendidikan sekaligus dirangkaikan dengan Launching Platform Sahabat Guru di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Tengah.

Webinar Nasional ini mengangkat tema 'Mewujudkan Guru Cakap Bermedia Digital, Cakap Numerasi serta Berkarakter Dalam Menghadapi Tantangan Global'. Bupati Indah Putri Indriani mengikuti webinar ini dari Ruang Kerjanya, Rabu (13/10/2021). Ia didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Luwu Utara, Jasrum.

Dalam pemaparannya, Indah menyebutkan satu dari sekian banyak permasalahan yang menjadi pekerjaan rumah pemerintah, yaitu pembangunan sumber daya manusia secara merata yang memang sangat fundamental dalam menjaga masa depan bangsa, sekaligus sebagai pondasi yang kuat di tengah sengitnya persaingan regional dan global.

Baca Juga: Ini Cara Menanamkan Kecintaan Generasi Muda pada Pendidikan Sejarah Indonesia

“Ini tantangan pemerintah dalam memberikan literasi kepada masyarakat dan menyiapkan human resource digital demi terciptanya masyarakat yang cakap digital,” jelas Indah.



Ia memaparkan, dalam perspektif pendidikan, guru sebagai komponen utama pendidikan harus mampu beradaptasi dengan metode pendidikan di era digitalisasi. Karena menurutnya, saat ini masih banyak guru yang belum menguasai komputer. Olehnya itu, kata dia, guru saat ini harus cakap digital.

“Guru harus mempunyai mindset yang tumbuh, terbuka dan mampu beradaptasi dengan memanfaatkan platform pendidikan dengan pembelajaran jarak jauh, serta menguasai teknik mengajar menggunakan learning management system,” jelasnya.

Salah satu alasannya, sebut Indah, karena tantangan utama guru di era global yang serba digital adalah mencetak lulusan yang mampu menyelesaikan masalah kompleks, berpikir kritis, analitis dan berkarakter.

“Kami yakin mampu mempercepat pemerataan pendidikan di Indonesia dan siap mengawal literasi digital di daerah agar bisa bersaing, karena guru sebagai garda terdepan adalah pencetak generasi emas yang memiliki peran strategis mengedukasi dan memotivasi peserta didik serta membawa inspirasi untuk Indonesia maju,” jelasnya.



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!