Manfaat Konsumsi Jinten Hitam, Obati Hipertensi Hingga Atasi Asma

Kamis, 14 Oktober 2021 - 09:08 WIB
loading...
Manfaat Konsumsi Jinten Hitam, Obati Hipertensi Hingga Atasi Asma
Jinten hitam tidak hanya bermanfaat untuk penyedap dan pengawet makanan, tapi juga untuk kesehatan. Foto/Ilustrasi/Pinterest
A A A
JAKARTA - Jinten hitam atau dikenal juga oleh masyarakat Indonesia sebagai habbatussauda, sering digunakan sebagai bumbu penyedap dan pengawet alami untuk masakan.

Jinten hitam memiliki kandungan baik berupa protein, karbohidrat, lemak, serat, kalori, zat besi, zinc, kalsium, niasin, tiamin, dan asam sulfat. Bukan hanya itu, jinten hitam juga memiliki senyawa aktif yang disebut thymoquinone.

Fungsi senyawa tersebut adalah memberikan imunitas tubuh yang kuat, sebagai antiperadangan, antioksidan, analgesik, serta mampu menjaga bahaya pada kerusakan sel dan penyakit kronis. Berikut khasiat mengonsumsi jintan hitam secara rutin, seperti dilansir dari Halodoc, Rabu (13/10/2021).



1. Obat Hipertensi

Hipertensi sudah menjadi penyakit umum yang banyak terjadi di masyarakat. Risiko yang disebabkan oleh penyakit ini sangat berbahaya seperti stroke, jantung, hingga kematian.

Untuk menghindari tingkat risiko yang disebabkan oleh hipertensi, Anda dapat mengonsumsi jinten hitam. Berdasarkan studi di Phytotherapy Research, manfaat yang diberikan oleh jinten hitam adalah mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan.

2. Mengatasi Alergi dan Asma

Alergi dan asma merupakan penyakit yang disebabkan ketika kekebalan tubuh melawan zat yang akan masuk ke dalam tubuh. Biasanya, penyakit ini muncul akibat adanya debu dan serbuk-serbuk lain.

Untuk mencegah alergi dan asma, Anda dapat membersihkan tempat serta lingkungan sekitar. Kemudian Anda juga bisa mengonsumsi jinten hitam. Pasalnya, jinten hitam mampu meringankan gejala asma.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)