TOPIK TERPOPULER

Raih Opini WTP LKPD 2020, Pemkab Luwu Utara Terima Penghargaan dari Menkeu

Tim SINDOnews
Raih Opini WTP LKPD 2020, Pemkab Luwu Utara Terima Penghargaan dari Menkeu
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menerima penghargaan dari Kemenkeu. Penghargaan diserahkan secara simbolis oleh Kepala KPPN Kota Palopo, kemarin. Foto: Istimewa

LUWU UTARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara (Lutra) menerima plakat dan piagam penghargaan dari Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia.

Penghargaan diterima atas keberhasilan Pemkab Luwu Utara menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 dengan capaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Opini WTP ini adalah kesembilan kali yang diraih Luwu Utara, delapan kali secara konsekutif.

Baca juga: 15 Desa di Lutra Jadi Pilot ProjectProgram Perlindungan Anak

Plakat dan piagam penghargaan dari Menkeu ini diserahkan oleh Kepala KPPN Kota Palopo kepada Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani di ruang kerjanya, Rabu (13/10/2021).

“Laporan Keuangan Pemerintah Daerah telah diaudit oleh BPK-RI dan menghasilkan opini WTP. Opini WTP yang diberikan BPK-RI terhadap LKPD ini adalah ke-9 kali yang di terima Pemda Luwu Utara,” kata Indah usai menerima penghargaan.



Ia mengatakan, perolehan opini WTP adalah hasil kerja keras perangkat daerah (PD) lingkup Pemkab Luwu Utara. Ia berharap, penghargaan ini bisa memantik semangat agar lebih bekerja keras lagi ke depan.

Baca juga: Pemkab Luwu Utara Serahkan Dokumen KUA-PPAS APBD TA 2022 ke DPRD

Dia mengatakan, LKPD adalah hasil konsolidasi seluruh laporan keuangan PD. Selanjutnya LKPD ini melewati proses audit oleh BPK yang berwenang melakukan pemeriksaan LKPD yang terdiri dari 7 komponen, yaitu laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, neraca, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.

Untuk itu, ia berharap, penghargaan ini mampu mendorong jajaran Pemkab Luwu Utara untuk membudayakan perilaku positif, disiplin, taat hukum, dan menjauhkan diri dari kemungkinan tindak korupsi sekecil apapun.



(luq)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!