TOPIK TERPOPULER

Anggota DPR RI Nilai Sentra UMKM Sinjai Bisa Menekan Angka Pengangguran

Marhawanti Sehe
Anggota DPR RI Nilai Sentra UMKM Sinjai Bisa Menekan Angka Pengangguran
Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa bersama penerima KUR BRI. Foto: Istimewa

SINJAI - Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, tapi juga perekonomian. Hampir semua sektor mengalami pertumbuhan yang terkontraksi, pelaku usaha merugi, banyak tenaga kerja kehilangan pekerjaan.

Tekanan Covid-19 membuat ekonomi masyarakat mengalami kontraksi yang dalam, tak terkecuali pelaku UMKM, refocusing dan relokasi APBD ke sektor kesehatan berdampak pada sejumlah sektor yang lain, mandatori spending, terjadi penurunan daya beli masyarakat, hingga demand side terganggu.

Baca juga: Gerindra Pangkep Salurkan Bantuan Modal Usaha ke 43 KUBE

Pariwisata yang seharusnya menjadi sektor yang diandalkan juga terganggu karena mobilitas masyarakat dibatasi guna menekan laju penularan Covid-19. Pemerintah pun memutar otak agar bisa menemukan solusi untuk melakukan upaya pengendalian pandemi tapi tetap menjaga pertumbuhan ekonomi.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah membangun sentra produksi produk UMKM berbasis sektor unggulan daerah. Hal itu dilakukan di Kabupaten Sinjai, yang diinisiasi Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa.



Baca juga: Kamrussamad Sebut Kinerja Perbankan di Sulampua Positif

Sentra UMKM itu turut menggandeng berbagai pihak, di antaranya industri perbankan, asosiasi pengusaha seperti Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Hipka, KAHMIPreneur, asosiasi peternak sapi perah, kelompok petani gula areng, kelompok nelayan, kelompok penyalur pupuk subsidi dan non subsidi. Berkat sinergi tersebut, penyaluran kredit perbankan tembus Rp1,6 triliun hingga kuartal ketiga 2021.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPR) Komisi XI, Kamrussamad menilai langkah yang ditempuh Pemkab Sinjai dengan menggandeng berbagai dalam rangka pemulihan ekonomi, sudah tepat atau on the track.

"Sinjai tumbuh di tengah tekanan Covid-19, Bupati ASA (Andi Seto Asapa) on the track. Langkah ini tepat, sudah on the track bisa menahan penambahan pengangguran dan menahan penambahan kemiskinan dan ke depan bisa tumbuh lebih cepat," kata Kamrussamad, dalam siaran persnya.



(luq)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!