Gubernur Pastikan Pembangunan Masjid 99 Kubah Tetap Berlanjut

Rabu, 03 Juni 2020 - 10:42 WIB
loading...
Gubernur Pastikan Pembangunan Masjid 99 Kubah Tetap Berlanjut
Masjid 99 Kubah yang ada di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar. Foto : SINDOnews/Maman Sukirman
A A A
MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah memastikan akan tetap melanjutkan pembangunan Masjid 99 Kubah yang ada di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar.

Meski begitu, Nurdin mengaku sebelum melanjutkan, pihaknya ingin memastikan lebih dulu tahapan awal yang harus dilakukan, seperti audit fisik. Selain itu melalukan proses mutual check nol (MC 0) harus dilakukan. Dalam artian, suatu proses pelaporan jenis item uraian pekerjaan atas proyek yang dilengkapi dengan berita acara pemeriksaan lapangan.

Baca : Kelanjutan Pembangunan Masjid 99 Kubah Tunggu Audit Fisik

Dia menuturkan, proses itu menjadi penting sebelum melanjutkan proyek strategis ini di masa kepemimpinannya. Agar saat dilanjutkan, tidak ada masalah hukum baik dari segi administrasi dan konstruksi kedepan.

"Mohon dipahami, kalau Anda sebagai pemimpin, tidak mungkin langsung melanjutkan, kita MC-0 dulu, kita audit fisik. Supaya kita tidak tersangkut (hukum)," beber Nurdinkepada SINDOnews.

Dilanjutkan, proses audit fisik telah selesai. Hanya saja proses pemeriksaan kontruksi atas bangunan masjid itu masih harus dilanjutkan. Prosesnya harus lebih detail, melalui langkah MC-0 "Sudah selesai (audit fisik). Jadi MC-0-nya udah jalan. Saya juga kepingin segera disitu solat," sambunya.

Jika proses ini rampung, kata dia, barulah Pemprov Sulsel akan segera menyiapkan anggaran. Estimasinya, tergantung dari kebutuhan hasil kajian audit fisik hingga proses MC-0. "Kita siapin anggarannya. Makanya selesai audit fisik, MC0-nya udah selesai, kita siapin anggarannya," tegas Nurdin.

Sebelumnya audit forensik atas Masjid 99 Kubah dilakukan tim audit dari Unhas yang diinisiasi Inspektorat Sulsel. Pemeriksaan konstruksi masih akan dijalankan, kini dari tim internal dinas pekerjaan umum dan tata ruang (PUTR) Sulsel.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUTR Sulsel, Chaeruddin tak menampik rencana audit berkelanjutan tersebut. Menurut dia, audit yang dilakukan tim internal dinas PUTR akan lebih detail dari audit fisik yang sudah dilakukan sebelumnya.

"Secara struktur bangunan tidak ada masalah. Jadi sekarang itu PUTR membentuk tim," beber Chaeruddin. Lanjut dia, tim audit internal Dinas PUTR akan melakukan proses mutual check nol (MC 0).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)