TOPIK TERPOPULER

Enrekang Terima Penghargaan APE Kategori Pratama

Aris Bafauzi
Enrekang Terima Penghargaan APE Kategori Pratama
Bupati Enrekang, Muslimin Bando beserta jajarannya usai mengikuti penyerahan penghargaan APE secara virtual, Rabu (13/10). Foto: Istimewa

ENREKANG - Kabupaten Enrekang berhasil menyabet penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 untuk kategori Pratama oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI. Penganugerahan APE tersebut diumumkan secara daring, diikuti langsung Bupati Enrekang, Muslimin Bando di Pendopo Rujab Bupati, Rabu 13 September.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Enrekang, Burhanuddin, menyampaikan, Enrekang berhasil mendapatkan penghargaan pertamanya setelah dilakukan evaluasi Pengarustamaan Gender (PUG) dengan tujuh komponen yang harus dipenuhi.

Baca juga: Bupati Adnan Harap Predikat APE Gowa Naik Kelas

"Alhamdulilah ini merupakan penghargaan APE pertama kita. Semuanya itu tentu berkat dukungan bupati hingga ketua PKK yang mengarahkan sehingga penghargaan kategori Pratama ini bisa kita raih," ucap dia, Kamis (14/10).

Ia menekankan guna memastikan komitmen terhadap PUG, pihaknya ke depan akan membentuk Peraturan Daerah (Perda) terkait. Di samping itu, juga melakukan pelatihan bagaimana perencanaan dan penganggaran bernuansa gender.



Bupati Enrekang, Muslimin Bando, dalam sambutannya menyampaikan perlunya kolaborasi antara pemerintah daerah dan DPRD untuk menciptakan keadilan gender. Begitu pula OPD terkait harus pro-aktif dalam bekerja.

Baca juga: Pemkab Enrekang Beli Kendaraan Dinas Baru untuk Bupati Seharga Rp1,6 Miliar

"Merupakan langkah awal untuk ke depannya bersama DPRD menjawab keberpihakan, kesetaraan gender melalui Perda hingga kebijakan," tuturnya.

Penerima penghargaan APE ini terdapat empat kategori yakni tingkat Pratama (pemula), Madya (pengembangan), Utama (peletakan dasar dan keberlanjutan) dan Mentor.




(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!