TOPIK TERPOPULER

Masjid 99 Kubah di MakassarDifungsikan Akhir Oktober 2021

Syachrul Arsyad
Masjid 99 Kubah di MakassarDifungsikan Akhir Oktober 2021
Masjid 99 Kubah di Kawasan CPI Makassar bakal difungsikan akhir Oktober ini. Foto: Dok SINDOnews

MAKASSAR - Pembangunan Masjid 99 Kubah di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) dikebut. Proyek yang digadang-gadang jadi ikon baru di Makassar itu ditarget mulai difungsionalkan akhir Oktober ini.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel, Haeruddin mengatakan, progres pembangunan sudah di atas 90%. Proyek strategis Pemprov Sulsel tersebut rampung dalam waktu dekat.

"Kita tetap on schedule. Kita rencana di akhir bulan ini sudah bisa dimanfaatkan, Insya Allah. Jadi progres kita itu hingga hari ini sudah di atas 90%," tutur dia kepada SINDOnews, Kamis (14/10).

Baca Juga: Masjid 99 Kubah Ditarget Fungsional September 2021

Haeruddin melanjutkan, pembangunan saat ini tengah fokus membenahi atap yang madih ditemukan bocor. Di samping ground water tank atau penampung air untuk mengakomodir penyediaan air tempat wudu.



"Kita sudah siapkan alternatif cadangan tangki untuk mendorong air ke tempat wudhu. Filter airnya juga berfungsi. Termasuk atap kita benahi karena di atap itu ada muncul titik kebocoran baru yang tetap kita tangani," urai Haeruddin.

Diketahui, Pemprov Sulsel mengalokasikan anggaran sebesar Rp23,5 miliar untuk melanjutkan pembangunan Masjid 99 Kubah tahun ini. Biaya itu hanya untuk merehabilitasi beberapa bagian masjid agar bisa fungsional lebih dulu digunakan masyarakat beribadah.

"Sebenarnya sisa pekerjaan-pekerjaan minor. Pelataran suci sudah hampir rampung, railing sudah terpasang, tangga-tangga naik basement sudah hampir selesai. Sisa pembenahanlah," sambung dia.

Pembangunan Masjid 99 Kubah dikatakan sempat terkendala. Sejumlah pekerja proyek sempat dilaporkan terpapar Covid-19. Kebijakan Pembatasan Pemberlakukan Aktivitas Masyarakat (PPKM) turut membuat pengiriman bahan material melambat.



(tri)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!