TOPIK TERPOPULER

Bawakan Kuliah Umum di UNM, Dirjen Otoda Tekankan Pentingnya Peran Kampus

Andi Nur Isman
Bawakan Kuliah Umum di UNM, Dirjen Otoda Tekankan Pentingnya Peran Kampus
Rektor UNM, Prof Husain Syam memberikan cendera mata kepada Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otoda) Kemendagri, Akmal Malik, Sabtu (16/10). Foto: SINDOnews/Andi Nur Isman

MAKASSAR - Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otoda) Kemendagri, Akmal Malik membawakan kuliah umum di Universitas Negeri Makassar (UNM), Sabtu (16/10/2021).

Dalam kuliah umum yang mengusung tema “Hubungan Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah” itu, Akmal menyampaikan perlu ada peran sivitas akademika. Hal itu dimaksudkan agar produk hukum yang dihadirkan bermanfaat kepada masyarakat.

Baca juga: Wisuda Periode September, UNM Cetak 1.000 Lulusan Baru

“Kita meminta teman-teman sivitas akademika UNM untuk bisa menjadi mentor dan memfasilitasi agar produk hukum di daerah betul-betul hadir di masyarakat,” kata Akmal, di hadapan mahasiswa program sarjana, magister, hingga doktoral.

Akmal menambahkan, setiap perda harus menyesuaikan dengan regulasi pusat. Maka dari itu, dalam pembentukan produk hukum peran civitas akademika sangatlah penting, agar dapat terjadi penyesuaian yang tepat.



“Jadi produk hukum itu tidak hanya sekadar hadir dalam bentuk formalitas saja, tapi regulasi itu hadir menjadi akselerasi terhadap kesejahteraan dan demokrasi kita,” jelasnya.

Menurutnya, sistem otonomi daerah tidak akan bisa berjalan dengan baik jika kampus tidak memberi dukungan penguatan. Baik dalam bentuk administrasi ataupun kelembagaan. Termasuk dalam proses pembangunan daerah.

Baca juga: UNM Minta Prof Jufri Dikembalikan Secara Institusional

“Otonomi daerah itu tidak bisa jalan kalau teman-teman dari kampus tidak ikut serta memberikan dukungan dalam penguatan administrasi dan kelembagaan. Ini kuncinya di situ,” jelasnya.



(luq)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!