Begini Prosedur Pengembalian Setoran Pelunasan Biaya Haji Reguler

Rabu, 03 Juni 2020 - 13:28 WIB
loading...
Begini Prosedur Pengembalian Setoran Pelunasan Biaya Haji Reguler
Pemberangkatan calon jamaah haji dari Indonesia pada tahun ini dibatalkan dan para jamaah bisa mengajukan pengembalian setoran pelunasan biaya haji. Foto/Ilustrasi/dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) RI memutuskan membatalkan pemberangkatan calon jamaah haji 1441 H/2020 M . Mereka akan diprioritaskan berangkat tahun depan. Bagi calon jamaah yang ingin menarik kembali setoran pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) diperbolehkan jika memang membutuhkan.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Kemenag mencatat ada 198.765 jemaah haji reguler yang melunasi BPIH pada tahun ini.



Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag RI, Muhajirin Yanis, menjelaskan bahwa Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441H/2020M mengatur bahwa jamaah yang telah melunasi BPIH tahun ini dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan biaya haji.

“Jemaah yang batal berangkat tahun ini, dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasannya,” jelas Muhajirin, dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu (3/6/2020).

“Meski diambil setoran pelunasannya, jamaah tidak kehilangan statusnya sebagai calon jamaah haji yang akan berangkat pada tahun 1442H/2021M,” sambung Muhajirin.

Menurut dia, jamaah mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan BPIH secara tertulis kepada Kepala Kankemenag Kab/Kota tempat mendaftar haji. Jamaah juga harus menyertakan: a) bukti asli setoran lunas Bipih yang dikeluarkan oleh Bank Penerima Setoran (BPS) Bipih; b) fotokopi buku tabungan yang masih aktif atas nama Jamaah Haji dan memperlihatkan aslinya; c) fotokopi KTP dan memperlihatkan aslinya; dan d) nomor telepon yang bisa dihubungi.

Permohonan jamaah tersebut selanjutnya akan diverifikasi dan divalidasi oleh kepala seksi yang membidangi urusan Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kankemenag Kab/Kota. Jika dokumen dinyatakan lengkap dan sah, kepala seksi haji akan melakukan input data pembatalan setoran pelunasan BPIH pada aplikasi Siskohat.

Tahapan berikutnya adalah sebagai berikut:
1) Kepala Kankemenag Kab/Kota mengajukan permohonan pembatalan setoran pelunasan BPIH secara tertulis dan dikirimkan secara elektronik kepada Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri dengan tembusan kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi.

2) Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri menerima surat pengajuan permohonan pembatalan setoran pelunasan BPIH dan melakukan konfirmasi pembatalan setoran pelunasan Jemaah Haji pada aplikasi SISKOHAT.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3046 seconds (0.1#10.140)