TOPIK TERPOPULER

Sambut Hari Karantina Pertanian, BBKP Makassar Gelar Donor Darah

Tim SINDOnews
Sambut Hari Karantina Pertanian, BBKP Makassar Gelar Donor Darah
Pelaksanaan aksi donor darah dalam rangka memperingati Hari Karantina Pertanian ke-144 di Kantor Karantina Pertanian Makassar, Jumat (15/10) lalu. Foto: Dok BBKP Makassar

MAKASSAR - Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Makassar menggelar berbagai kegiatan sosial dalam rangka memeriahkan Hari Karantina Pertanian ke-144 yang jatuh pada hari Senin (18/10) besok. Salah satunya yakni aksi donor darah yang telah dilaksanakan di Kantor Karantina Pertanian Makassar, Jumat (15/10) kemarin.

Baca Juga: BBKP Makassar Proyeksikan Bulukumba Jadi Percontohan Ekspor Manggis

Penanggungjawab kegiatan Hari Karantina Pertanian ke-144 di BBKP Makassar, Syamsinar, menyampaikan aksi donor darah merupakan satu dari sejumlah kegiatan yang diselenggarakan pihaknya untuk memperingati Hari Karantina Pertanian. Khusus untuk aksi donor darah, pihaknya menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel.

"Untuk aksi donor darah sudah dilaksanakan pada Jumat lalu dan berhasil mengumpulkan 53 kantong darah. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Karantina Pertanian," ucap Syamsinar, kepada SINDOnews, Minggu (17/10).

Pelaksanaan aksi donor darah, kata dia, disambut positif oleh pegawai BBKP Makassar dan stakeholder. Buktinya, ada puluhan kantong darah yang berhasil terkumpul dan itu akan digunakan untuk membantu pemenuhan kebutuhan stok darah di Sulsel. "Jadi pesertanya tidak hanya internal BBKP Makassar, tapi juga stakeholder," tuturnya.

Lebih jauh, Syamsinar menerangkan selain aksi donor darah, pihaknya juga akan menyelenggarakan beragam kegiatan untuk memperingati puncak Hari Karantina Pertanian pada Senin (18/10). Di antaranya yakni vaksinasi Covid-19 dan bakti sosial karantina. Lokasi pelaksanaan dipusatkan di Kantor Karantina Pertanian Makassar.



Ia menjelaskan pelaksanaan kegiatan sosial itu dilakukan setelah upacara peringatan Hari Karantina Pertanian ke-144 yang dilaksanakan secara virtual. Seluruh pegawai Karantina Pertanian se-Indonesia akan mengikuti kegiatan tersebut secara daring. Adapun peringatan Hari Karantina Pertanian tahun ini dipusatkan di Kupang. 

Baca Juga: BBKP Makassar Perketat Pengawasan di Pelabuhan Bungeng

Kepala BBKP Makassar, Lutfie Natsir, mengaku akan hadir langsung mengikuti peringatan Hari Karantina Pertanian ke-144 di Kupang. Adapun tahun ini mengangkat tema 'Sinergi Melindungi Negeri, Pertanian Tumbuh, Mendunia dan Berkelanjutan'. Khusus di BBKP Makassar, kata dia, akan digelar beragam kegiatan untuk menyemarakkan Hari Karantina Pertanian.

Lutfie menyebut rangkaian kegiatan itu meliputi aksi donor darah, vaksinasi Covid-19 dan bakti sosial karantina. Seluruh kegiatan dipastikannya digelar dengan protokol kesehatan ketat guna mencegah penularan Covid-19. "Kegiatan (Hari Karantina Pertanian) dipusatkan di Kupang, makanya saya ke Kupang. Tapi tetap ada rangkaian kegiatan di BBKP Makassar," tuturnya. 



(tri)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!