TOPIK TERPOPULER

Perbaiki Kualitas Layanan, Disdukcapil Bulukumba Kebut Digitalisasi

Eky Hendrawan
Perbaiki Kualitas Layanan, Disdukcapil Bulukumba Kebut Digitalisasi
Disdukcapil Bulukumba terus mengebut digitalisasi lewat program Dukcapil Go Digital guna mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Foto: Eky Hendrawan

BULUKUMBA - Sejak dicanangkan dalam Rakornas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) pada Februari 2019 di Makassar, Disdukcapil Bulukumba terus mengebut digitalisasi lewat program Dukcapil Go Digital guna mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Kepala Dinas Dukcapil Bulukumba, A Mulyati Nur mengatakan, aparatur Dukcapil pusat hingga daerah terus berlatih membangun dan mengimplementasikan sistem berbasis elektronik dalam layanan kependudukan dan pencatatan sipil.

"Mulai Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Pindah Datang dan Keluar serta biodata penduduk semuanya sudah menggunakan tanda tangan elektronik (TTE)," terang Mulyati Nur, Kamis (14/10/2021) lalu.

Baca Juga: Legislator Senayan ini Optimistis Perekonomian Bulukumba Segera Bangkit

Dengan tanda tangan elektronik, lanjutnya, pegawai Dukcapil bisa bekerja dari mana pun, baik saat dinas luar kota, luar negeri maupun saat di perjalanan, yang penting ada jaringan internet.



Menurutnya, keuntungan penerapan TTE ini memudahkan pekerjaan bisa selesai dengan cepat, terdokumentasi secara elektronik, hemat, efisien, serta tidak ada halangan terkait faktor jarak, waktu atau ada penugasan-penugasan lainnya.

"Jadi Kepala Dinas Dukcapil dapat bekerja dari rumah masing-masing dan pekerjaan tetap selesai," ungkapnya.

Saat ini, Dinas Dukcapil Bulukumba terus berupaya membuat terobosan agar layanan kepada masyarakat semakin memudahkan dengan memanfaatkan teknologi.

Contohnya layanan sekarang sudah online melalui aplikasi WhatsApp (WA), pemohon cukup di rumah dengan mengirim foto berkasnya melalui WA admin, kemudian admin di kantor akan memproses berkas pemohon dan jika telah selesai akan diberi penyampaian melalui WA.



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!