Perbaiki Kualitas Layanan, Disdukcapil Bulukumba Kebut Digitalisasi

Minggu, 17 Oktober 2021 - 14:06 WIB
loading...
Perbaiki Kualitas Layanan, Disdukcapil Bulukumba Kebut Digitalisasi
Disdukcapil Bulukumba terus mengebut digitalisasi lewat program Dukcapil Go Digital guna mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Foto: Eky Hendrawan
A A A
BULUKUMBA - Sejak dicanangkan dalam Rakornas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) pada Februari 2019 di Makassar, DisdukcapilBulukumba terus mengebut digitalisasi lewat program Dukcapil Go Digital guna mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Kepala Dinas Dukcapil Bulukumba, A Mulyati Nur mengatakan, aparatur Dukcapil pusat hingga daerah terus berlatih membangun dan mengimplementasikan sistem berbasis elektronik dalam layanan kependudukan dan pencatatan sipil.

"Mulai Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Pindah Datang dan Keluar serta biodata penduduk semuanya sudah menggunakan tanda tangan elektronik (TTE)," terang Mulyati Nur, Kamis (14/10/2021) lalu.



Dengan tanda tangan elektronik, lanjutnya, pegawai Dukcapil bisa bekerja dari mana pun, baik saat dinas luar kota, luar negeri maupun saat di perjalanan, yang penting ada jaringan internet.

Menurutnya, keuntungan penerapan TTE ini memudahkan pekerjaan bisa selesai dengan cepat, terdokumentasi secara elektronik, hemat, efisien, serta tidak ada halangan terkait faktor jarak, waktu atau ada penugasan-penugasan lainnya.

"Jadi Kepala Dinas Dukcapil dapat bekerja dari rumah masing-masing dan pekerjaan tetap selesai," ungkapnya.

Saat ini, Dinas Dukcapil Bulukumba terus berupaya membuat terobosan agar layanan kepada masyarakat semakin memudahkan dengan memanfaatkan teknologi.

Contohnya layanan sekarang sudah online melalui aplikasi WhatsApp (WA), pemohon cukup di rumah dengan mengirim foto berkasnya melalui WA admin, kemudian admin di kantor akan memproses berkas pemohon dan jika telah selesai akan diberi penyampaian melalui WA.

"Jika dokumennya sudah selesai, pemohon bisa mengambil langsung di kantor, dan bisa juga menggunakan jasa antar atau Jastar," bebernya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2611 seconds (0.1#10.140)