TOPIK TERPOPULER

Pemkab Gowa Borong Tiga Penghargaan dari Kementerian Kesehatan

Herni Amir
Pemkab Gowa Borong Tiga Penghargaan dari Kementerian Kesehatan
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa memborongtiga penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Tahun 2021 dari Kementerian Kesehatan. Foto: Istimewa

GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa memborong tiga penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Tahun 2021 dari Kementerian Kesehatan pada peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (15/10/2021) lalu.

"Peringatan tahun ini cukup istimewa karena selain menjadi pengingat bagi kita untuk selalu menerapkan PHBS, tahun ini Kabupaten Gowa juga mendapatkan 3 penghargaan STBM Award di beberapa kategori berbeda," kata Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia secara virtual di Peace Room A'Kio Kantor Bupati Gowa, Jumat (15/10).

Baca Juga: Warga Gowa Raih Kalpataru, Wabup Ajak Masyarakat Ikut Lestarikan Lingkungan

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah suatu pendekatan yang menekankan pada perubahan perilaku hidup bersih dan sehat, dengan melibatkan masyarakat sebagai subjek pembangunan yang berperan aktif dalam proses pengambilan keputusan. Dan untuk tahun 2021, diberikan penghargaan kepada orang - orang yang mampu menjadi penggerak masyarakat dalam menerapkan STBM ini.

Tahun ini Asriani dari Puskesmas Kanjilo menerima penghargaan STBM Award sebagai Sanitarian Terbaik, disusul oleh Kepala Desa Tamannyeleng, Muhammad Yusram sebagai Kepala Desa Terbaik, dan Natural Leader Terbaik yang juga berasal dari Desa Tamannyeleng diraih oleh Sahriani.



"Pemberian penghargaan ini didasarkan pada penerapan 5 pilar STBM di antaranya, stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum/makanan rumah tangga, pengelolaan sampah, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga," terang Bupati Gowa 2 periode ini.

Kedepannya, lanjut Adnan seluruh desa dan kelurahan yang berjumlah 167 di wilayah Kabupaten Gowa akan diimplementasikan 5 pilar STBM ini sebagai usaha berkelanjutan dalam menjaga kesehatan lingkungan di Kabupaten Gowa.

"Sekarang ODF sudah 100%, tinggal kita giatkan 4 pilar yang lainnya untuk memenuhi 5 pilar STBM ini," ungkap Adnan.

Baca Juga: Adnan Sambut Rencana PT Pegadaian Berdayakan Bumdes di Gowa






(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!