Jangan Dibuang, 4 Kulit Buah Ini Punya Manfaat Lebih

Senin, 18 Oktober 2021 - 07:10 WIB
loading...
Jangan Dibuang, 4 Kulit Buah Ini Punya Manfaat Lebih
Banyak jenis buah yang kulitnya memiliki manfaat lebih untuk kesehatan jika diolah dengan tepat, salah satunya kulit jeruk. Foto/Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Manfaat buah-buahan untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Lalu bagaimana dengan kulit buah? Rupanya banyak jenis buah yang kulitnya memiliki manfaat lebih untuk kesehatan jika diolah dengan tepat.

Cookpad Global Food Editor Malou Herkes mengatakan, tidak banyak yang tahu, kulit buah juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Maka masyarakat harus bergerak menuju perilaku mengolah bahan pangan yang lebih minim limbah.

Nah, berikut ini 4 deretan kulit buah yang memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan:



1. Kulit jeruk

Kulit jeruk biasa diparut untuk menambah aroma wangi pada masakan atau minuman buah. Selain aromanya yang khas, ternyata kulit jeruk ada senyawa polifenol yang baik bagi tubuh.

Di samping itu, kandungan antioksudan dalam kulit jeruk ini juga tak kalah tinggi dari daging buahnya. Ini bermanfaat untuk menjaga imunitas, mencegah timbulnya radikal bebas hingga menbuat Anda merasa segar.

"Selain diparut kulitnya, bisa juga dimasukkan ke dalam rebusan saat membuat teh. Jadi ada kandungan zat-zat yang bagus untuk tubuh," ujar Product Specialist Prodia OHI, Brilliantika Resi Febriani S.Gz.,

2. Kulit semangka

Tahu enggak, bagian putih semangka ternyata baik untuk mencegah penyakit jantung. Begitu juga dengan biji semangka juga berkhasiat kaya akan mineral dan vitamin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3813 seconds (0.1#10.140)