TOPIK TERPOPULER

Efektivitas dan Keamanan Semua Vaksin Covid-19 Sudah Terbukti

Rico Afrido Simanjuntak
Efektivitas dan Keamanan Semua Vaksin Covid-19 Sudah Terbukti
Efektivitas dan keamanan semua vaksin Covid-19 yang digunakan pemerintah sudah terbukti. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews

JAKARTA - Efektivitas dan keamanan semua vaksin Covid-19 yang digunakan pemerintah sudah terbukti. Ahli Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Iwan Ariawan menganjurkan masyarakat Indonesia di Tanah Air tidak usah pilih-pilih merek vaksin Covid-19.

"Jadi, begitu ada kesempatan vaksin, langsung vaksin, karena kan sebetulnya vaksinasi ini kita berkejaran dengan kita sudah dapat vaksin membentuk antibodi duluan atau kita kena Covid-19 duluan," ujar Iwan Ariawan, Senin (18/10/2021).

Apalagi, kata dia, risiko tertular Covid-19 saat ini masih lumayan tinggi. "Semua vaksin yang beredar di Indonesia kan sudah dievaluasi efektivitas dan keamanannya oleh para ahli maupun lembaga resmi oleh BPOM. Jadi semua vaksin yang dipakai pemerintah kan sudah terbukti itu efektivitas dan aman," ujarnya.

Baca juga: Rachel Vennya Kabur, Kemenkes Minta Aturan Karantina Ditegakkan

Sedangkan terkait adanya beberapa negara yang mensyaratkan vaksin tertentu, menurut Iwan, itu merupakan hak masing-masing negara. "Meskipun WHO kan sudah buat daftar vaksin mana yang sudah diterima WHO, maksudnya WHO sudah mengevaluasi efektivitasnya dan keamanannya, di dalamnya sudah termasuk Sinovac," imbuhnya.



Iwan menjelaskan bahwa Vaksin Sinovac itu sudah memenuhi standar. "Tapi sekali lagi masing-masing negara punya hak dan kebijakan masing-masing, itu kan kedaulatan mereka," katanya.

Menurut dia, Pemerintah Indonesia bisa melakukan lobi dengan beberapa negara yang mensyaratkan sertifikat vaksin tertentu. Diplomasi dinilai penting dilakukan. "Sangat penting misalnya Arab Saudi karena itu bersangkutan dengan ibadah, nah itu perlu ada pembicaraan antarnegara," pungkasnya.

Baca: Penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia Diapresiasi Dunia

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menerangkan bahwa tujuan vaksinasi itu untuk mengendalikan pandemi Covid-19 di tanah air. Tujuan utama vaksinasi itu bukan untuk warga bisa bepergian ke luar negeri.



(rca)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!