TOPIK TERPOPULER

Capaian Vaksinasi Covid-19 Sejumlah Daerah di Sulsel Masih Rendah

Andi Nur Isman
Capaian Vaksinasi Covid-19 Sejumlah Daerah di Sulsel Masih Rendah
Seorang warga mengikuti agenda vaksinasi di Kota Makassar beberapa waktu lalu. Foto: SINDOnews/Dok

MAKASSAR - Capaian vaksinasi Covid-19 beberapa daerah di Sulsel masih minim. Hal itu membuat penentuan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di setiap daerah sangat rawan naik level.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, Arman Bausat mengatakan, penentuan level PPKM saat ini dilihat dari dua indikator utama. Yakni kondisi epidemiologis atau penularan di masing-masing daerah, serta capaian vaksinasi Covid-19.

Baca juga: Efektivitas dan Keamanan Semua Vaksin Covid-19 Sudah Terbukti

Arman menjelaskan, cakupan vaksinasi Covid-19 di masing-masing daerah ditarget paling sedikit 50 persen. Target tersebut ditentukan langsung melalui surat edaran (SE) Kemendagri untuk memastikan setiap daerah segera memasuki kondisi normal.

“Secara umum Sulsel sudah PPKM Level II sekarang. Tapi ada target dari pemerintah pusat, bagaimana vaksinasi di setiap daerah itu minimal berada di atas 50 persen,” ucapnya kepada SINDOnews, Senin (18/10/2021).



Di Sulsel sendiri, kata dia, masih sangat banyak kabupaten/kota yang capaian vaksinasinya rendah. Dari 24 kabupaten/kota, masih ada 21 daerah yang capaian vaksinasinya di bawah 50 persen.

Dia memaparkan, capaian vaksinasi Covid-19 yang paling rendah berada di Kabupaten Jeneponto. Sampai 17 Oktober, capaiannya tercatat baru menyentuh anga 16,02 persen. Masih sangat jauh dari target.

Baca juga: Kenapa Ibu Hamil Disarankan Disuntik Vaksin Covid-19 saat Usia Kandungan 13-33 Minggu? Begini Penjelasannya

Selain Jeneponto, Kabupaten Bulukumba, Bone, Sinjai, Sidrap, Luwu Utara, Gowa, Takalar, Wajo, Pangkep, dan Bantaeng, juga masuk dalam daerah yang cakupannya sangat rendah. Capaian vaksinasi di daerah-daerah ini masih berada di bawah 30 persen.



(luq)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!