Parepare Zona Hijau Covid-19, RSUD Andi Makkasau Tetap Siaga

Selasa, 19 Oktober 2021 - 10:58 WIB
loading...
Parepare Zona Hijau Covid-19, RSUD Andi Makkasau Tetap Siaga
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, tetap siaga meski status sudah zona hijau dari Covid-19. Foto: Sindonews/dok
A A A
PAREPARE - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, tetap siaga meski status sudah zona hijau dari Covid-19.

Kepala Bidang (Kabid) Keperawatan dan Penunjang RSUD Andi Makkasau Parepare, Sri Ummi Wahyuni yang juga Koordinator Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mengemukakan, bahkan pada hari cuti bersama, layanan bagi pasien Covid-19 juga tetap dibuka.



Layanan khusus bagi pasien Covid-19 tersebut, kata Ummi lagi, menyiagakan tujuh dokter spesialis dan 13 tenaga perawat, dibagi dalam tiga shift, pada ruang isolasi Covid-19 di rumah sakit bertipe B tersebut.

Tindakan medis awal bagi pasien yang terpapar virus Corona , jelas Ummi, tetap melalui unit IGD dengan layanan khusus, untuk dilakukan screning terhadap pasien yang bergejala.

"Jika kondisi pasien memungkinkan untuk menjalani isolasi mandiri (isoman), pasien akan diambil alih puskesmas setempat. Namun jika harus mendapatkan perawatan medis secara intensif, tentunya ruang isolasi untuk pasien telah kita siagakan," papar Ummi.

Ummi menambahkan, mengantisipasi penyebaran Covid-19 agar Parepare tetap bertahan di zona hijau, pihaknya turut mengimbau agar tetap menegakkan disiplin protokol kesehatan (prokes) pada pelaksanaan Maulid Nabi mendatang.

"Meski Parepare masuk zona hijau, tapi tetap kita imbau patuh disiplin prokes agar tidak terjadi lonjakan pasien lagi. Sesuai imbauan wali kofa terkait prokes," tandasnya.





Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, Renny Anggraeny Sari mengemukakan, mengikuti jadwal cuti bersama, khusus layanan rawat jalan di RSUD Andi Makkasau, sementara tutup mengikuti. "Kita mengikuti jadwal libur atau cuti bersama pada surat edaran Kemenag," jelasnya.

Namun, kata Renny, layanan pasien pada unit Instalasi Gawat Darurat (UGD) RSUD Andi Makkasau, akan tetap buka 24 jam, dengan menyiagakan tenaga medis maupun fasilitas kesehatan lainnya. "Sesuai standar IGD, empat dokter akan disiagakan untuk pelayanan seluruh jenis penyakit," katanya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)