Bantu Penguatan Ekonomi, BRI Makassar Priotaskan Penyaluran KUR

Rabu, 03 Juni 2020 - 15:41 WIB
loading...
Bantu Penguatan Ekonomi, BRI Makassar Priotaskan Penyaluran KUR
Bank BRI memprioritaskan penyaluran untuk membantu penguatan perekonomian. Foto: Sindonews/dok
A A A
MAKASSAR - Kantor Wilayah (Kanwil) BRI Makassar, memprioritaskan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di tengah pandemi saat ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kanwil BRI Presley Hutabarat kepada Sindonews saat ditemui, Rabu, (03/06/2020).

"Penyaluran kita saat ini, kita prioritaskan KUR karena fasilitas yang murah untuk dinikmati masyarakat kecil jadi yang kita berikan KUR untuk para petani mikro dan pengusaha kecil. Jadi ini target utama kita sekarang untuk penyaluran kredit, target kita harus tercapai tiap bulan," kata Presley.

Selain itu, untuk memberikan kemudahan kepada para debitur yang mengalami kesulitan di tengah pandemi, Kanwil BRI Makassar telah melakukan restrukturisasi dengan capaian 20% dari target atau sekitar Rp12 triliun.

Baca Juga: Perbankan Siap Proses Pengajuan Relaksasi Kredit

"Kalau kita saat ini sudah ada 20% melakukan rekstrukturisasi kredit dan mudah-mudahan sudah selesai Mei, dan mulai Juli mudah-mudahan kita sudah normal semuanya," ujar dia.

Adapun sektor yang terdampak restrukrisasi ini, kata Presley, adalah hampir semua sektor, utamanya rumah makan, hotel, hingga pertanian. Meski demikian, dia mengaku target penyaluran KUR oleh BRI tidak surut dan tetap digenjot.

"Hampir semua sektor yang restrukturisasi, rumah makan dan pertanian, kecuali kontraktor. Untuk target tetap jalan, sesuai target, karena KUR ini memang untuk membantu masyarakat yang kesulitan dan semua tetap kita genjot," katanya.

Kanwil BRI Makassar juga melakukan pendampingan untuk para debitur. Salah satunya dengan menggerakkan setiap cabang untuk memberdayakan pasar-pasar rakyat agar perputaran ekonomi tetap jalan.

"Kita melakukan pendampingan, kita gini setiap cabang cara membantu debitur dengan membuat pasar masing-masing, misal pasar terong kita buat penjualan online via WA jadi terbantu usahanya," jelasnya.

Upaya lainnya yang dilakukan oleh BRI Makassar adalah memaksimalkan pendistribusian Kartu Tani kepada masyarakat. Lewat program ini, BRI berharap masyarakat memanfaatkan pembayaran digital atau cashless.

"Kami sudah salurkan 53 ribu kartu, pemanfaatan pembayaran cashless, jadi kami harapkan masyarakat transaksi digital," pungkas dia.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)