Ketua DPD RI Dukung Jatim Jadi Tuan Rumah Konferensi OIAA

Selasa, 19 Oktober 2021 - 15:22 WIB
loading...
Ketua DPD RI Dukung Jatim Jadi Tuan Rumah Konferensi OIAA
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendukung Provinsi Jawa Timur yang ditunjuk sebagai tuan rumah Konferensi Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA). Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendukung Provinsi Jawa Timur yang ditunjuk sebagai tuan rumah Konferensi Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA). Dia menilai OIAA dapat menjadi harmonisasi perbedaan dan latar belakang kelompok keagamaan di Indonesia.

"Mari kita dukung Jatim untuk menjadi tuan rumah konferensi yang diselenggarakan oleh OIAA. Kita berharap akan tercipta sinergi yang akan saling memberikan dukungan dalam membangun bangsa," kata LaNyalla di sela-sela kunjungan kerja ke Cirebon, Jawa Barat, Selasa (19/10/2021).


Menurutnya, dalam pandangan masyarakat Muslim Indonesia, Al-Azhar telah memberikan banyak inspirasi dalam mengukuhkan kehidupan keagamaan yang moderat.

"Dan sebagai benteng wasathiyah, OIAA diharapkan dapat men-direct pemikiran modern yang dapat menciptakan peradaban modern yang lebih harmonis," katanya.

LaNyalla menambahkan, di tengah-tengah gelombang perkembangan pemikiran mengenai keagamaan dan kebangsaan, perlu adanya penyeimbang agar tercipta harmonisasi.

"Sebab, bangsa Indonesia memiliki beragam latar belakang yang berbeda. Dan, OIAA dapat mengambil peran tersebut," tegas LaNyalla.



Senator asal Jawa Timur itu tak menampik jika diperlukan treatment khusus di tengah beragamnya suku, bangsa dan agama di Indonesia. Bagi dia, OIAA merupakan elemen penting untuk menciptakan moderasi atau penengah agar kerukunan dapat senantiasa terjaga.

"Pengukuhan moderasi itu menjadi amat penting di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Dan OIAA merupakan elemen penting yang bisa menjadi penengah untuk memikul tanggung jawab tersebut," ujarnya.

LaNyalla juga menilai selain menjadi penengah yang menjaga kerukunan masyarakat, OIAA juga diharapkan berperan sebagai agent of change yang dapat memotivasi masyarakat di sekitarnya untuk menggapai pendidikan setinggi mungkin.

"Jadi, selain memberikan penguatan kerukunan umat beragama, kita harapkan OIAA juga berperan aktif mendorong agar hal tersebut diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Inilah kontribusi nyata OIAA yang kita harapkan untuk terciptanya kerukunan di tengah kemajemukan bangsa," demikian LaNyalla.

OIAA merupakan wadah bagi para alumni Al-Azhar di dunia. Di dalam negeri, Dr KH TGB M Zainul Majdi menjabat sebagai Ketua Umum OIAA Cabang Indonesia. Kepengurusannya sendiri telah tersebar ke seluruh pelosok Tanah Air.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)