Cakupan Vaksinasi Covid-19 Rendah, PPKM Maros Naik ke Level III

Rabu, 20 Oktober 2021 - 16:41 WIB
loading...
Cakupan Vaksinasi Covid-19 Rendah, PPKM Maros Naik ke Level III
Seorang pelajar di Kabupaten Maros mengikuti agenda vaksinasi Covid-19. Saat ini, cakupan vaksinasi di Kabupaten Maros masih rendah. Foto: SINDOnews/Najmi Limonu
A A A
MAROS - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Kabupaten Maros naik ke level III. Hal ini disebabkan oleh cakupan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Maros yang masih rendah.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, Muhammad Yunus mengatakan, naiknya status PPKM Maros ke level III ini bukan karena kasus positif Covid-19 bertambah. Namun, kriteria cakupan vaksinasi masuk dalam penetapan PPKM.

Baca Juga: vaksinasi Covid-19
Dia mengatakan, minimnya cakupan vaksinasi itu akibat kurangnya partisipasi masyarakat. Tak heran jika saat ini pihaknya gencar melakukan vaksinasi khususnya di kalangan pelajar.

"Setiap hari kita buka gerai vaksinasi tapi kunjungannya masih sangat kurang. Vaksin siap, vaksinator juga siap, yang mau divaksin kurang. Warga masih kurang sadar akan pentingnya vaksinasi," imbuh Yunus.

Tak heran jika saat ini, pihak pemerintah daerah berusaha mendekatkan pelayanan dengan sistem jemput bola. "Kita coba turun ke desa-desa, namun pada saat kita turun, malah tetap saja sasarannya kurang," tuturnya.



Yunus menjelaskan, sasaran vaksinasi di Kabupaten Maros sekitar 299.000 orang. Sementara yang terlaksana yakni vaksinasi pelajar sekitar 70 persen. Lansia sekitar 20 persen, dari target sekitar 30.000 orang."Namun lansia yang telah divaksin belum sampai 5.000 orang, karena faktor ketakutan dari mereka juga, " ucapnya.

Sementara soal stok vaksin kata Yunus, sejauh ini masih mencukupi, yakni sekitar 10.000 dosis.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)