BNPB Terjunkan 10 Mobil Masker di Ambon

Kamis, 21 Oktober 2021 - 08:21 WIB
loading...
BNPB Terjunkan 10 Mobil Masker di Ambon
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meluncurkan Gerakan Mobil Masker untuk Masyarakat di Ambon, Rabu (20/10/2021). Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) meluncurkan Gerakan Mobil Masker untuk Masyarakat di Ambon, Rabu (20/10/2021). Pelepasan Gerakan Mobil Masker di Ambon dilakukan secara simbolis oleh Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito dan Gubernur Maluku Murad Ismail di Kampus Institut Agama Islam Negeri, Kota Ambon.

Ganip menjelaskan Gerakan Mobil Masker untuk masyarakat yang digagas BNPB ini untuk memperkuat mitigasi di hulu. Gerakan itu juga sekaligus sebagai sarana edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker dalam upaya pengendalian masker di Indonesia.

Dia menilai masker berfungsi seperti payung saat terjadi hujan. Payung bisa melindungi diri dari paparan air hujan. Sedangkan vaksin, kata dia, berfungsi sebagai penguatan.



"Begitu pun dengan masker, walau tidak bisa menghentikan Covid-19, masker bisa mencegah kita dari terpapar virus Covid-19. Masker dan vaksin ini harus selalu beriringan," kata Ganip dalam keterangannya dikutip pada Kamis (21/10/2021).

Gerakan mobil masker yang menurunkan 10 armada ini menyasar sejumlah tempat yang punya potensi timbulnya kerumunan masyarakat. Lokasi yang dituju adalah Kecamatan Nusaniwe, Kecamatan Sirimau, Kecamatan Baguala, dan Kecamatan Teluk Ambon.

"322.000 masker dibagikan hari ini kepada masyarakat dari total 500.000 masker yang akan dikirimkan dan didistribusi secara bertahap," ujarnya.

BNPB melibatkan semua unsur terkait di daerah seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Sosial Provinsi Maluku, dan relawan dari berbagai organisasi.



Sementara itu, Gubernur Provinsi Maluku Murad Ismail mengapresiasi gerakan yang diinisisasi BNPB tersebut. Menurutnya, protokol kesehatan harus diterapkan secara konsisten oleh seluruh masyarakat.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih atas inisiasi BNPB dan BPBD Provinsi Maluku dalam aksi pembagian masker hari ini," ujar Murad.

Gerakan ini telah digelar di beberapa kota lainnya seperti Jakarta, Makassar, Manado, dan Bali. Pelepasan Gerakan Mobil Masker merupakan salah satu rangkaian acara puncak dari peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang digelar di Kota Ambon, Provinsi Maluku mulai Senin (19/10/2021) hingga Rabu (20/10/2021).

Pada kesempatan yang sama diserahkan juga 1 unit mobil rescue dari BNPB kepada BPBD Provinsi Maluku. Kemudian, upacara pelapasan mobil masker ini juga dihadiri oleh Rektor IAIN Ambon Zainal Abidin Rahawarin, Sekretaris Uatam BNPB Lilik Kurniawan, Inspektur Utama Tetty Saragih, dan jajaran Forkopimda Ambon.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)